Studi fenomenografi: konsepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang tentang fenomena perubahan fisika dan kimia / Rina Mustikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenografi: konsepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang tentang fenomena perubahan fisika dan kimia / Rina Mustikasari

Mustikasari, Rina (2011) Studi fenomenografi: konsepsi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang tentang fenomena perubahan fisika dan kimia / Rina Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perubahan fisika perubahan kimia fenomenografi Kurikulum yang berlaku saat ini mengharuskan siswa SMP dapat mengembangkan pemahaman dari berbagai macam fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Namun berdasarkan pengalaman proses pembelajaran kimia di SMP kurang mengkaitkan materi dengan fenomena. Oleh karena itu dibutuhkan suatu penelitian yang menggali konsepsi siswa secara mendalam terhadap pemahaman siswa mengenai fenomena di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui bagaimana konsepsi siswa mengenai fenomena perubahan fisika (b) mengetahui bagaimana konsepsi siswa mengenai fenomena perubahan kimia dan (c) mengetahui apakah ditemukan kesalahan konsepsi pada siswa mengenai perubahan materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa transkrip hasil wawancara dan dokumen hasil gambaran partikel siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenografi. Instrument penelitian adalah peneliti dibantu pedoman wawancara. Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Malang dengan sampel 30 siswa kelas VII yang dipilih secara purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menstranskip hasil wawancara menganalisis dan mengkategorikannya. Sedangkan untuk menguji keabsahan hasil penemuan dilakukan verifikasi hasil wawancara tehadap teman sejawat teknik co-judging serta check re-check. Dari co-judging diperoleh reliabilitas tinggi pada fenomena perubahan fisika sebesar 90% dan pada fenomena perubahan kimia sebesar 94 3%. Dari check re-check juga diperoleh reliabilitas tinggi pada fenomena perubahan fisika sebesar 83 4% dan untuk fenomena perubahan kimia sebesar 85 06%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut. (A) Konsepsi siswa tentang konsep perubahan fisika mengenai fenomena lilin meleleh es mencair dan dry ice menyublim sebagai berikut kategori 1 (a) wujud berubah dan ukuran partikelnya tidak mengalami perubahan (b) jenis dan ukuran partikel tidak mengalami perubahan kategori 2 (a) wujud dan ukuran partikel mengalami perubahan (b) jenis partikel sama namun ukuran partikel mengalami perubahan kategori 3 (a) jenis partikel berubah namun ukuran partikel tidak mengalami perubahan (b) jenis dan ukuran partikel mengalami perubahan. (B) Konsepsi siswa terhadap fenomena pembakaran lilin pembakaran kertas dan pemanggangan roti hingga menjadi arang sebagai berikut kategori 1 menghasilkan jenis partikel baru kategori 2 mengalami modifikasi dan tidak menghasilkan jenis partikel baru. Ditemukan beberapa kesalahan konsepsi pada siswa mengenai perubahan materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21868

Actions (login required)

View Item View Item