Pengembangan modul senyawa hidrokarbon model learning cycle 5 fase untuk SMK kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Riza Aviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul senyawa hidrokarbon model learning cycle 5 fase untuk SMK kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Riza Aviana

Aviana, Riza (2011) Pengembangan modul senyawa hidrokarbon model learning cycle 5 fase untuk SMK kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Riza Aviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul Learning Cycle 5 fase senyawa hidrokarbon KTSP. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) proses pembelajaran yang bersifat konstruktivistik sangat ditekankan dimana siswa dituntut untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang bersifat konstruktivistik adalah Learning Cycle 5 fase (LC 5 fase). Untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang bersifat konstruktivistik diperlukan perpaduan antara bahan ajar dan modul yang digunakan. Materi yang yang dikembangkan dalam pengembangan modul adalah Senyawa Hidrokarbon dan dilengkapi dengan RPP. Selain itu soal-soal uji kompetensi yang digunakan memenuhi kriteria valid karena sudah diujicobakan ke lapangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan modul dan RPP Senyawa Hidrokarbon dengan model LC 5 fase untuk SMK serta menguji kelayakannya. Modul dikembangkan dengan mengacu pada desain Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan pengembangan produk (3) pengembangan modul (4) uji lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan hasil lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan (9) penyempurnaan produk akhir (10) diseminasi dan implementasi. Desain validasi terdiri dari dua macam yaitu validasi isi produk (modul dilengkapi RPP) dan validasi soal uji kompetensi. Validasi isi modul dan RPP dilakukan oleh 1 orang dosen kimia UM dan 4 orang guru SMK. Validasi soal uji kompetensi diujicobakan pada siswa dan dianalisis validitas reliabilitas daya beda dan tingkat kesukarannya. Pengujian kevalidan juga dilakukan melalui uji terbatas terhadap siswa untuk mengetahui persepsi siswa terhadap modul Senyawa Hidrokarbon yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan teknik analisa data menggunakan analisis nilai rata-rata. Hasil dari pengembangan adalah modul Senyawa Hidrokarbon yang dilengkapi dengan RPP. Dari hasil analisis nilai rata-rata terhadap validasi modul dari 5 validator diperoleh 3 81 dengan kriteria valid. Hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 78 dengan kriteria valid. Hasil analisis validitas dan reliabilitas soal uji kompetensi menggunakan SPSS 17.0 menunjukkan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0 312) yaitu 0 881 sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Oleh karena itu dapat disimpulkan modul Senyawa Hidrokarbon yang dilengkapi dengan RPP sudah layak dan baik untuk dilakukan uji lapangan awal atau dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item