Pengaruh strategi brain-based learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Malang / Anis Syukrun Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi brain-based learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Malang / Anis Syukrun Ni'mah

Ni'mah, Anis Syukrun (2011) Pengaruh strategi brain-based learning terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Malang / Anis Syukrun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi brain-based learning hasil belajar buffer solution. Sekolah Bertaraf Internasional merupakan sekolah yang sudah memenuhi semua Standar Nasional Pendidikan dan diperkaya kurikulum negara anggota OECD dan/atau negara maju lainnya yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan. Sehingga kurikulum yang digunakan dalam SBI maupun RSBI adalah KTSP dan diperkaya oleh kurikulum negara maju namun KTSP lebih dominan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 memberikan kesempatan kepada guru untuk memilih cara-cara penyampaian materi yang paling sesuai dengan karakteristik materi. Berdasarkan karakteristik materi Buffer Solution yaitu abstrak konseptual berurutan dan mengandung unsur algoritmik maka salah satu strategi yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi tersebut adalah brain-based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan strategi brain-based learning serta hasil belajar afektif dan psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan strategi brain-based learning dan siswa yang dibelajarkan dengan diskusi-presentasi (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan strategi brain-based learning dan siswa yang dibelajarkan dengan diskusi-presentasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA SMA Negeri I Malang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI IA 1 (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa silabus worksheet handout dan tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa serta lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan strategi brain-based learning hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor. Tes hasil belajar terdiri atas 20 butir soal objektif yang valid dan reliabel. Data hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan bantuan SPSS 16.0 for windows yaitu menggunakan Independent Sample t-Test. Data keterlaksanaan strategi brain-based learning serta hasil belajar afektif dan psikomotor dianalisis dengan teknik persentase kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi brain-based learning di SMA Negeri 1 Malang dengan materi pokok Buffer Solution dapat terlaksana dengan baik (2) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi brain-based learning dan siswa yang dibelajarkan dengan diskusi-presentasi (3) hasil belajar afektif dan psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan strategi brain-based learning lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan diskusi-presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21865

Actions (login required)

View Item View Item