Penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Auliawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Auliawati

Auliawati (2011) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam / Auliawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar adalah model Learning Cycle (LC) 6E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dikelas pada saat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E. Model ini berlangsung berdasarkan pertanyaan guru yang terstruktur sejak fase kedua hingga fase kelima. Jenis rancangan penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design) dan rancangan penelitian deskriptif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Learning Cycle 6E dan ceramah variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa dan variabel kontrolnya adalah materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sederhana dan didapatkan 2 kelas penelitian yaitu kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 6E dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain instrumen pembelajaran dan instrumen pengukuran. Instrument yang digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas reliabilitas uji tingkat kesukaran butir soal dan uji daya beda butir soal. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari analisis pendahuluan yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis hasil yang terdiri dari uji hipotesis dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar pada kelas control yakni 86 76 pada kelas eksperimen dan 80 54 pada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle (LC) 6E dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa RSBI kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Malang pada materi pokok hidrolisis garam. Hasil belajar yang tinggi pada kelas eksperimen juga disebabkan karena proses pembelajaran siswa aktif. Keaktifan siswa tampak dari observasi aktivitas siswa yang dilakukan di kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21864

Actions (login required)

View Item View Item