Analisis pemahaman konsep kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2010/2011 / Siti Nurul Cholidiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2010/2011 / Siti Nurul Cholidiyah

Cholidiyah, Siti Nurul (2011) Analisis pemahaman konsep kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok Kabupaten Blitar tahun ajaran 2010/2011 / Siti Nurul Cholidiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pemahaman konsep kesetimbangan kimia Salah satu pokok bahasan dalam ilmu kimia adalah kesetimbangan kimia. Pokok bahasan ini diberikan pada siswa sekolah menengah atas pada semester 2 kelas XI. Secara umum deskripsi pokok bahasan kesetimbangan kimia yang diberikan pada siswa kelas XI SMA meliputi konsep kesetimbangan kimia tetapan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan. Konsep kesetimbangan kimia bersifat abstrak dan berjenjang sehingga cukup sulit untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap konsep kesetimbangan kimia (2) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap tetapan kesetimbangan yang meliputi ungkapan tetapan kesetimbangan Kc ungkapan tetapan kesetimbangan Kp hubungan antara Kc dan Kp dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga tetapan kesetimbangan dan (3) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan yang meliputi perubahan konsentrasi perubahan suhu perubahan tekanan dan volume dan penambahan katalisator. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep pada pokok bahasan kesetimbangan kimia. Populasi penelitian ini adalah 95 siswa dari 3 kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ponggok tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI IPA-1yang ditentukan dengan cara undian kelas. Instrumen penelitian berupa tes tulis pemahaman konsep. Tes pemahaman konsep berupa soal obyektif terbuka yang terdiri dari 25 butir soal dengan 4 alternatif jawaban. Instrumen tes pemahaman konsep memiliki validitas isi sebesar 96% dan reliabilitas tes yang dihitung dengan rumus KR-20 sebesar 0 63. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif melalui penghitungan persentase jawaban benar siswa untuk menentukan tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pemahaman siswa terhadap konsep kesetimbangan kimia meliputi (a) pemahaman terhadap perbedaan reaksi ireversibel dan reaksi reversibel termasuk kategori sangat tinggi (85 9%) (b) syarat-syarat kesetimbangan dinamis termasuk kategori sedang (42 2% (c) perubahan konsentrasi zat pada saat sebelum dan setelah mencapai kesetimbangan temasuk kategori kurang (21 9%). (2) Pemahaman siswa terhadap konsep tetapan kesetimbangan yang meliputi (a) ungkapan tetapan kesetimbangan untuk reaksi homogen dan reaksi heterogen berdasarkan data konsentrasi (Kc) termasuk kategori sangat tinggi (84 4%) (b) ungkapan tetapan kesetimbangan untuk reaksi homogen dan reaksi heterogen berdasarkan data tekanan (Kp) termasuk kategori sangat tinggi (84 4%) (c) hubungan antara Kc dan Kp untuk kesetimbangan reaksi gas termasuk kategori kurang (37 5%) (d) pengaruh perubahan suhu terhadap harga tetapan kesetimbangan (Kc) termasuk kategori kurang (31 2%) (e) pengaruh perubahan arah reaksi (reaksi kebalikan) terhadap ungkapan tetapan kesetimbangan (Kc) termasuk kategori kurang (40 6%) (f) pengaruh perubahan konsentrasi terhadap pergeseran kesetimbangan dan perubahan harga Kc termasuk kategori sangat kurang (18 7%). (3) Pemahaman siswa terhadap konsep pergeseran kesetimbangan meliputi (a) pengaruh perubahan konsentrasi salah satu zat termasuk kategori kurang (34 4%) (b) pengaruh perubahan suhu termasuk kategori kurang (35 9%) (c) pengaruh perubahan tekanan dan volume termasuk kategori sangat kurang (18 7%) (d) pengaruh penambahan katalisator termasuk kategori sangat tinggi (96 8%). Tingkat pemahaman siswa paling tinggi adalah pemahaman tentang pengaruh katalisator terhadap reaksi kesetimbangan sebesar 96 8%. Sedangkan tingkat pemahaman siswa paling rendah adalah pemahaman tentang pengaruh perubahan konsentrasi terhadap pergeseran kesetimbangan dan perubahan harga Kc sebesar 18 7% serta pemahaman tentang pengaruh perubahan tekanan dan volume terhadap kesetimbangan sebesar 18 7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21860

Actions (login required)

View Item View Item