Pengembangan modul larutan asam dan basa dengan model pembelajaran learning cycle 5 fase untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Malang kelas X Program Keahlian Analisis Kimia / Chintia Rhamandica - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul larutan asam dan basa dengan model pembelajaran learning cycle 5 fase untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Malang kelas X Program Keahlian Analisis Kimia / Chintia Rhamandica

Rhamandica, Chintia (2011) Pengembangan modul larutan asam dan basa dengan model pembelajaran learning cycle 5 fase untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Malang kelas X Program Keahlian Analisis Kimia / Chintia Rhamandica. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul RPP Larutan Asam dan Basa Learning Cycle 5 Fase SMK. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pemerintah melakukan pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Diperlukan pengembangan modul untuk lebih mendukung pengembangan SMK. Agar pembelajaran dengan modul dapat berjalan efektif maka hasil pengembangan dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Modul dan RPP yang dikembangkan mengacu pada model Learning Cycle 5 Fase. Sejauh ini belum ada modul untuk materi larutan asam dan basa yang dikembangkan menggunakan model Learning Cycle 5 Fase. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan draf modul Larutan Asam dan Basa dengan model Learning Cycle 5 Fase yang memenuhi kelayakan sebagai media belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Malang Kelas X Program Keahlian Analisis Kimia (2) untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Larutan Asam dan Basa dengan model Learning Cycle 5 Fase sebagai pelengkap draf modul yang dapat digunakan bagi guru untuk mengelola pembelajarannya. Model pengembangan yang digunakan peneliti dalam mengembangkan modul adalah model Borg dan Gall. Model ini memiliki 10 tahap pengembangan. Akan tetapi karena keterbatasan waktu dan biaya untuk penelitian maka pengembangan dibatasi sampai tahap ketiga. Ketiga tahap tersebut adalah penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk dan pengembangan produk awal. Desain validasi terdiri dari dua macam yaitu validasi soal uji kompetensi dan validasi isi produk (modul dilengkapi RPP). Validasi soal uji kompetensi diujicobakan ke siswa dan dianalisis validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya bedanya. Soal-soal dengan kriteria baik dimasukkan dalam modul. Modul yang telah lengkap dengan RPP divalidasi isi oleh ahli (validator). Intrumen pengumpulan data berupa soal uji kompetensi dan angket validasi. Hasil validasi dianalisis dengan teknik analisis nilai rata-rata. Hasil dari pengembangan adalah modul Larutan Asam dan Basa yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hasil analisis nilai rata-rata terhadap validasi modul dari 4 validator diperoleh 3 51 dengan kriteria penilaian valid/baik/layak. Hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 47 dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan modul Larutan Asam dan Basa yang dilengkapi dengan RPP sudah layak dan baik untuk divalidasi empirik (evaluasi sumatif) di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item View Item