Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis masalah (problem based learning) untuk SMA/MA SBI kelas XI semester 2 pada materi pokok larutan penyangga / Mira Pusparini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis masalah (problem based learning) untuk SMA/MA SBI kelas XI semester 2 pada materi pokok larutan penyangga / Mira Pusparini

Pusparini, Mira (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis masalah (problem based learning) untuk SMA/MA SBI kelas XI semester 2 pada materi pokok larutan penyangga / Mira Pusparini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perangkat pembelajaran Problem Based Learning SBI Larutan Penyangga Perkembangan global membutuhkan suatu terobosan pembelajaran yang efektif dan memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). Upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia memenuhi tuntutan global adalah mengembangkan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dengan kurikulum yang diterapkan berupa kurikulum adaptif. Guru yang mengajar di SBI perlu perangkat pembelajaran dengan strategi pembelajaran tertentu. Beberapa kajian dan pencarian informasi yang telah dilakukan oleh penulis menunjukkan belum banyak tersedia perangkat pembelajaran yang berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi pokok larutan penyangga untuk Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui produk akhir perangkat pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada materi pokok larutan penyangga di SMA/MA SBI yang meliputi sistematika dan tingkat validitas produk akhir perangkat pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Pengembangan perangkat pembelajaran larutan penyangga didasarkan pada model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan yakni 4D-Model (Define Design Develop and Disseminate). Keempat D dalam 4D Model merupakan tahap-tahap (sintaks) dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Pada model pengembangan ini akan diadopsi sampai pada D yang ketiga yakni hingga tahap develop (pengembangan). Validator dalam pengembangan ini adalah 2 dosen Kimia Universitas Negeri Malang dan 2 guru Kimia SMA yaitu dari SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 5 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian dan tanggapan terhadap perangkat pembelajaran kemudian dianalisis dengan teknik analisis persentase. Perangkat pembelajaran kimia terdiri dari 4 bagian yaitu bahan ajar silabus (syllabus) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (lesson plan) dan instrumen penilaian. Bagian bahan ajar terdiri dari tiga bagian yaitu bagian awal bagian isi dan bagian akhir. Bagian awal berisi halaman judul (cover) kata pengantar (preface) daftar isi (contents) daftar tabel (table) daftar gambar (figure) dan petunjuk penggunaan bahan ajar (instructions for using the teaching materials). Bagian isi berisi bagian pendahuluan (introductions) lembar SK dan KD orientasi masalah (orientation on the problem) dan materi Buffer Solutions. Bagian akhir berisi rangkuman (summary) latihan soal (additional exercise) glossarium (glossary) daftar pustaka (references) dan kunci jawaban (answer key). Berdasarkan uji validasi perangkat pembelajaran diperoleh persentase 89 81%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran kimia hasil pengembangan bernilai valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21856

Actions (login required)

View Item View Item