Pengembangan perangkat pembelajaran analisis titrimetri untuk SMK Program Keahlian Analisis Kimia Malang / Alziyah Nur Anis Khaula - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran analisis titrimetri untuk SMK Program Keahlian Analisis Kimia Malang / Alziyah Nur Anis Khaula

Khaula, Alziyah Nur Anis (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran analisis titrimetri untuk SMK Program Keahlian Analisis Kimia Malang / Alziyah Nur Anis Khaula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PerangkatPembelajaran AnalisisTitrimetri SMK. Salah satuupayapemerintahdalammeningkatkankualitaspendidikanadalahdenganmenam bahjumlahSekolahMenengahKejuruan (SMK).SekolahMenengahKejuruandengan Program KeahlianAnalisis Kimia mempunyaikompetensi yang harusdikuasaiolehpesertadidik salahsatunyaadalahanalisistitrimetri.PokokbahasanAnalisisTitrimetritermasukmate riproseduralkarenaberisitentangcaramenganalisiskadarsuatuzatmelaluititrasi. Olehkarenaitu pokokbahasanAnalisisTitrimetrisesuaijikadikembangkandengansalahsatu model dalampembelajarankonstruktivistik yaituinkuiriterbimbing. Akan tetapi dalammengembangkanpembelajaranpadapokokbahasananalisistitrimetri guru mengalamibeberapakendalaantara lain keterbatasanbahan ajar. Tujuanpenelitianpengembanganadalahmenghasilkanprodukberupaperangkatpemb elajaran yang terdiridarisilabus RencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) LKS dan HandoutuntukpokokbahasanAnalisisTitrimetri di SMK Program KeahlianAnalisis Kimia sertamengetahuitingkatvaliditasperangkatpembelajarantersebut. Model pengembanganperangkatpembelajaranAnalisisTitrimetriuntuk SMK Program KeahlianAnalisis Kimia Malang mengacupada model pengembangan 4- D. Akan tetapi model pengembangan 4-D yang dilakukan dibatasisampaipada D yang ke-tiga. Adapunketigalangkahpengembangan yang dilakukanadalahpembatasan (define) rancangan (design) danpengembangan (develop). Desainvalidasi yang dilakukanpadapengembanganperangkatpembelajaranyaituvalidasiisidanujicobater batas.Data diperolehdari 3 validator yang terdiridari 1 dosenkimia UM dan 2 guru SMK.Instrumenpengumpulan data validasipadapenelitianpengembanganadalahangketdenganskalaLikert 4 tingkatandanlembar saran dankomentar.Data yang diperolehberupaskorpenilaiandantanggapandari validator yang digunakanuntukmenentukanvaliditasprodukrancanganpembelajaran yang dikembangkan.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisispersentase ratarata. HasilpenelitianpengembanganadalahperangkatpembelajaranAnalisisTitrim etriuntuk SMK Program KeahlianAnalisis Kimia yang berupasilabus RPP LKS danHandout.Hasilvalidasiuntuk RPP mencapaitingkatvaliditas80 55% sedangkanuntuk Handoutadalah 79 76%. Padaujicobaterbatasdiperoleh databerupapersentase rata-rata dantanggapanterhadappetunjukpraktikum. Tingkat validitasnyaadalah 79 76%.Hal iii tersebutberartibahwaperangkatpembelajaran yang dikembangkanlayakuntukdigunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21853

Actions (login required)

View Item View Item