Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Grogol Kediri dengan model inkuiri terbimbing / Aristya Putri Wika Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Grogol Kediri dengan model inkuiri terbimbing / Aristya Putri Wika Pratiwi

Pratiwi, Aristya Putri Wika (2011) Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Grogol Kediri dengan model inkuiri terbimbing / Aristya Putri Wika Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inkuiriterbimbing hasilbelajar keterampilan proses sains. Pelaksanaan KTSP padaprinsipnyamenekankanpadapemberianpengalamansecaralangsunguntukmengembangkankompetensi agar siswamampumenjelajahidanmemahamialamsekitarsecaraalamiah.Selarasdenganhaltersebut makadirancangsuatupembelajaran yang memberikankesempatankepadasiswauntukmemperolehpengalamansecaralangsungdengancaramemahamialamsekitar. Salah satuprinsippembelajaran yang dirancang UNESCO adalahkegiatanpembelajaran yang menanamkankemampuanbelajaruntukbelajar (learning to learn) yaitupembelajaraninkuiri.Dalaminkuriterdapatkerjailmiahuntukmenemukankonsepsendiri.Tujuan yang ingindicapaidalampenelitiandengan model inkuiriterbimbingpadamaterireaksioksidasireduksi di kelas X-8 SMA Negeri 1 GrogolKediri meliputi (1) mendeskripsikanketerlaksanaan proses pembelajarannya (2) mengetahuipersentasepenguasaankelasterhadapketerampilan proses sains (3) mengetahuitingkatkeberhasilanpenggunaan model tersebutterhadaphasilbelajarsiswa (4) mengetahuibesarnyahubunganantaraketerampilan proses sainsdenganprodukpembelajaran (nilaikognitif). Penelitianinidilaksanakanpadatanggal 23 Februarisampaidengan 13 April 2011 di SMA Negeri 1 Grogol Kediri.Subjekpenelitianadalahsiswakelas X-8 di SMA tersebut.Pemilihansubjekpenelitianberdasarkan saran/masukandanpertimbangandari guru kimia SMA Negeri 1 Grogol Kediri.Rancanganpenelitian yang digunakanadalahdeskriptifkuantitatif.Instrumen yang digunakanmeliputi RPP LKS lembarobservasi(keterampilan proses sains afektif psikomotor) dansoaltes. Sebelumdigunakansemuainstrumentelahdikonsultasikankepadadosenpembimbing dansoaltestelahdivalidasioleh gurukimia SMA Negeri 1 Grogol Kediri. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) Proses pembelajaran yang dilaksanakanselarasdengan yang direncanakan. Persentaseketerlaksanaansiswasebesar 94% persentaseketerlaksanaan guru sebesar 97%.Siswadan guru dapatberperanaktifdalam proses pembelajaran.Siswamemerlukanwaktu yang lebihpanjangdalammenemukankonsepsendiri. (2) Kelas X-8 SMA Negeri 1 Grogolmempunyaipenguasaanterhadapketerampilan proses sainssebesar 85%. (3) Nilaikognitifsiswakelas X-8 SMA Negeri 1 Grogoldinyatakankurangberhasildalam proses pembelajaranmaterireaksioksidasireduksidenganmenggunakan model pembelajaraninkuiriterbimbing.Penerapan modelinkuiriterbimbingmemberikanpengaruhpositifterhadapsikapsiswadankeberhasilankelasdalamranahpsikomotor. (4)Keterampilan proses sainstidakmempunyaipengaruh yang signifikanterhadapprodukpembelajaran (nilaikognitif) yang dimilikisiswa. Pengaruhketerampilan proses sainsterhadapprodukpembelajaran (nilaikognitif) siswakelas X-8 SMA Negeri 1 Grogoladalahsebesar 1 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21850

Actions (login required)

View Item View Item