Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada materi koloid / Abdul Barri - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada materi koloid / Abdul Barri

Barri, Abdul (2011) Keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada materi koloid / Abdul Barri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran kooperatif TPS media pembelajaran hasil belajar minat belajar koloid. Model pembelajaran kooperatif TPS yang terdiri dari tahapan think pair dan share tidak dapat berjalan efektif dalam penerapannya disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini dapat berdampak pada hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor serta minat belajar siswa. Beberapa upaya dapat dilakukan sebagai alternatif peningkatan keefektifan penerapan model kooperatif TPS salah satunya penggunaan media pembelajaran sebagai media bantuan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media pembelajaran siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada materi Koloid (2) mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media pembelajaran siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kepanjen pada hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor serta minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media pembelajaran. Kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dengan cara tidak diacak. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus RPP LKS dan hands-out) dan instrumen pengukuran yang terdiri dari tes lembar observasi untuk menilai kemampuan afektif dan psikomotor siswa serta angket. Analisis data dilakukan dengan uji Mann Whitney U dan uji t pada signifikansi 945 0 05. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen (82 0) hampir sama dengan kelas kontrol (80 8). Hasil tersebut sama secara signifikan 945 0 99 0 05 pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan hasil belajar afektif (87) psikomotor (93) dan minat belajar (47) siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar afektif (82) psikomotor (88) dan minat belajar (43) siswa kelas kontrol. Hasil tersebut secara signifikan berbeda berturut-turut 945 0 006 0 05 945 0 001 0 05 dan 945 0 018 0 05 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media pembelajaran lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada hasil belajar afektif psikomotor dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21847

Actions (login required)

View Item View Item