Pengembangan perangkat pembelajaran blended kimia ada topik solubility equilibria and the solutibility product dan colloid kelas XI semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioal / Ubed Sonai Fahruddin Arrozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran blended kimia ada topik solubility equilibria and the solutibility product dan colloid kelas XI semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioal / Ubed Sonai Fahruddin Arrozi

Arrozi, Ubed Sonai Fahruddin (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran blended kimia ada topik solubility equilibria and the solutibility product dan colloid kelas XI semester 2 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasioal / Ubed Sonai Fahruddin Arrozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perangkat pembelajaran pembelajaran blended solubility equilibria and the solubility product colloid SMA bertaraf internasional. Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah melalui peningkatan status sekolah secara bertahap untuk mencapai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dimana Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan lembaga utama dalam implementasi SBI. Sebelum mencapai status SMA Bertaraf Internasional SMA harus menjadi Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) terlebih dahulu. Ditinjau dari aspek kurikulum di RSMA- BI adanya indikator kinerja tambahan membuat beban kurikulum semakin berat dan membuat aktivitas proses belajar mengajar semakin padat. Hal ini mengakibatkan dibutuhkannya waktu tambahan untuk melaksanakan proses belajar mengajar diluar kelas demi terpenuhinya target kurikulum. Salah satu solusi pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengakomodir pembelajaran di luar kelas adalah pembelajaran blended yang menggabungkan pembelajaran tatap muka (face-to-face) dan pembelajaran online (Littlejohn and Pegler 2007). Gagasan ini juga didukung dengan adanya kriteria unggulan di RSMA- BI yang mengharuskan pengintegrasian penerapan proses pembelajaran berbasis TIK (Depdiknas 2009). Dengan adanya tuntutan tersebut penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran blended pada mata pelajaran kimia yang materinya mengandung banyak konsep abstrak seperti halnya pada materi pokok solubility equilibria and the solubility product dan colloid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas lima bagian utama yaitu bagian awal pendahuluan isi penutup dan media pembelajaran online. Bagian awal meliputi cover kata pengantar (preface) daftar isi (table of content) dan daftar gambar (picture list). Bagian pendahuluan meliputi panduan penggunaan perangkat pembelajaran. Bagian isi meliputi silabus (syllabus) rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan) uraian materi pelajaran (handout) lembar kegiatan belajar siswa (worksheet) instrumen penilaian (assessment) yang meliputi tiga aspek yaitu kognitif afektif dan psikomotorik serta ringkasan (summary). Bagian penutup meliputi glosarium (glossary) dan daftar pustaka (references). Media pembelajaran online dikem-bangkan dengan menggunakan software open source Moodle. Pengembangan perangkat pembelajaran ini didasarkan atas adaptasi model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick and Carey. Adapun langkah-langkahnya adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis pembelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria mengembangkan strategi dan model pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran merancang dan melaksanakan evaluasi formatif melakukan revisi dan memproduksi produk yang berupa perangkat pembelajaran yang dilengkapi dengan media pembelajaran online. Desain validasi yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif terhadap perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh validator ahli dan uji kelompk kecil terhadap media pembelajaran online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Berdasarkan penilaian oleh tiga validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat dan media pembelajaran yang dikembangkan adalah 94% dengan kriteria valid/layak/baik. Sedangkan data dari hasil uji pada kelompok keci terhadap media pembelajaran online diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh adalah 77% dengan kriteria valid/layak/baik. Untuk pengembangan lebih lanjut hendaknya perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan ini dilakukan uji validasi empirik (uji sumatif) di sekolah untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran sedangkan untuk mengimplementasikan media pembelajaran online yang telah dikembangkan diharapkan untuk menyosialisasikan terlebih dahulu pada user (guru dan siswa) tentang penggunaannya. Perangkat pembelajaran blended juga perlu dikembangkan untuk topik yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21840

Actions (login required)

View Item View Item