Pengembangan modul sistem klasifikasi dan kegunaan makromolekul model learning cycle 5 fase untuk SMK Pertanian kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Retno Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sistem klasifikasi dan kegunaan makromolekul model learning cycle 5 fase untuk SMK Pertanian kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Retno Dwi Lestari

Lestari, Retno Dwi (2011) Pengembangan modul sistem klasifikasi dan kegunaan makromolekul model learning cycle 5 fase untuk SMK Pertanian kelas XI semester 2 sebagai penunjang KTSP / Retno Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul Learning Cycle 5 fase Makromolekul KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum yang disusun dan dilaksanakan di masing masing satuan pendidikan. Dalam KTSP pembelajaran lebih ditekankan pada pembelajaran yang berbasis kontruktivistik dimana siswa dituntut untuk dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan prinsip-prinsip kontruktivistik adalah model belajar Learning Cycle 5 fase. Untuk lebih mendukung pembelajaran yang berorientasi kontruktivistik dengan model Learning Cycle 5 fase maka diperlukan perpaduan antara bahan ajar dengan modul yang digunakan. Materi yang dikembangkan dalam pengembangan modul adalah Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul dengan menggunakan model Learning Cycle 5 fase karena materi tersebut erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari dan bersifat abstrak sehingga dirasa cukup sulit untuk dipelajari siswa. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah 1) untuk menghasilkan modul dan RPP Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul dengan model Learning Cycle 5 fase untuk SMK Pertanian dan 2) untuk mengetahui kelayakan modul dan RPP Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul yang dikembangkan sebagai salah satu bahan ajar untuk SMK Pertanian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedural yang mengacu pada 10 langkah Borg dan Gall. Langkah-langkah tersebut adalah (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan pengembangan produk (3) pengembangan modul (4) uji lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan hasil lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan (9) penyempurnaan produk akhir dan (10) diseminasi dan implementasi. Namun karena adanya keterbatasan waktu dalam penelitian ini langkah yang dilakukan hanya sampai pada langkah ketiga. Validasi isi dilakukan oleh 1 orang dosen kimia UM 3 orang guru SMK dan 1 orang guru SMA. Pengujian kevalidan juga dilakukan melalui uji terbatas terhadap 10 siswa SMK kelas XI program keahlian Pertanian untuk mengetahui persepsi siswa terhadap modul Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul yang dikembangkan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan teknik analisa data menggunakan analisis nilai rata-rata. Hasil penelitian diperoleh 1) Modul hasil pengembangan dengan judul Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul dengan susunan yaitu cover kata pengantar petunjuk penggunaan modul langkah-langkah penggunaan daftar isi daftar tabel daftar gambar kegiatan belajar soal uji kompetensi daftar pustaka kunci jawaban umpan balik dan glosarium. Susunan RPP terdiri dari identitas mata pelajaran standar kompetensi kompetensi dasar indikator tujuan pembelajaran model/metode pembelajaran yang digunakan proses belajar mengajar sumber pembelajaran dan lembar penilaian. 2) Hasil validasi modul secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 71 dengan kriteria valid dan hasil validasi RPP secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 62 dengan kriteria valid sehingga modul pembelajaran dan RPP Sistem Klasifikasi dan Kegunaan Makromolekul yang dikembangkan sudah layak untuk dilakukan uji lapangan awal atau dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21837

Actions (login required)

View Item View Item