Pengembangan bahan ajar kimia pada materi uji pendahuluan analisis jenis klasik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis / Andika Rohmah Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia pada materi uji pendahuluan analisis jenis klasik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis / Andika Rohmah Puspitasari

Puspitasari, Andika Rohmah (2011) Pengembangan bahan ajar kimia pada materi uji pendahuluan analisis jenis klasik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis / Andika Rohmah Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar model pembelajaran kooperatif STAD uji pendahuluan analisis jenis klasik Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kualitas pendidikan sangat erat kaitannya dengan proses pelaksanaan pembelajaran yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas hasil belajar di SMK adalah minimnya bahan ajar yang digunakan terutama dalam pembelajaran kimia. Oleh karena itu penulis mengembangkan bahan ajar kimia pada materi Uji Pendahuluan Analisis Jenis Klasik yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi guru. Bahan ajar yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari pengembangan adalah memperoleh produk berupa bahan ajar yang dilengkapi dengan RPP pada materi uji pendahuluan analisis jenis klasik untuk SMK Negeri 7 Malang program keahlian kimia analisis dan mengetahui kelayakan bahan ajar dan RPP yang telah dikembangkan ditinjau dari hasil validasi isi. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan mengacu pada model pengembangan menurut Dick dan Carey. Akan tetapi karena keterbatasan waktu dan biaya maka pengembangan yang dilakukan hanya sampai langkah kesembilan. Desain validasi pada pengembangan bahan ajar terdiri dari validasi soal evaluasi dan validasi isi bahan ajar. Validasi soal evaluasi dilakukan dengan melakukan uji coba 40 butir soal kepada 44 siswa kelas XI SMK Negeri 7 Malang Program Keahlian Kimia Analisis dan diperoleh 29 butir soal valid (rhitung rtabel 0 297) dengan harga reliabilitas 0 817. Validasi isi bahan ajar yang dilengkapi dengan RPP dilakukan oleh validator yang terdiri dari 1 dosen kimia Universitas Negeri Malang dan 4 guru kimia SMK Negeri 7 Malang. Instrumen pengumpulan data berupa soal evaluasi dan angket sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis nilai rata-rata. Setelah dilakukan validasi isi bahan ajar kemudian dilakukan uji terbatas kepada 9 siswa SMK Negeri 7 Malang. Hasil pengembangan adalah bahan ajar Uji Pendahuluan Analisis Klasik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil validasi terhadap bahan ajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 23 yang berarti valid atau layak sedangkan hasil validasi terhadap RPP diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 17 yang berarti valid atau layak. Dari hasil uji terbatas terhadap bahan ajar diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 38 yang berarti sangat valid/ sangat layak. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dilengkapi dengan RPP pada materi Uji Pendahuluan Analisis Jenis Klasik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah layak dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan ajar di SMK Negeri 7 Malang kelas XI program keahlian Kimia Analisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21831

Actions (login required)

View Item View Item