Pengembangan media pembelajaran digital pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk siswa SMA kelas XI / Fatchiyatun Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran digital pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk siswa SMA kelas XI / Fatchiyatun Ni'mah

Ni'mah, Fatchiyatun (2011) Pengembangan media pembelajaran digital pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk siswa SMA kelas XI / Fatchiyatun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran media pembelajaran digital kelarutan dan hasil kali kelarutan Pembelajaran kimia dilaksanakan dengan memperhatikan tiga aspek penting yaitu aspek makroskopis mikroskopis dan simbolik. Penyampaian materi kimia yang bersifat mikroskopis seringkali menggunakan analogi maupun penyederhanaan. Namun penyederhanaan konsep yang tidak dapat mewakili konsep secara keseluruhan dapat menimbulkan miskonsepsi bagi siswa. Pembelajaran yang terpaku dan bertumpu pada buku teks dan media dengan penyajian materi secara informatif dan bersifat verbal dirasa belum mampu membantu siswa untuk mengkonstruk pengetahuan yang mereka bangun. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan untuk membelajarkan siswa mengenai konsep kimia yang bersifat mikroskopis adalah media pembalajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang menarik interaktif mudah dipahami dan dapat digunakan oleh siswa secara mandiri atupun digunakan oleh guru untuk membelajarkan siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan serta untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan. Penelitian pengembangan menggunakan rancangan model pengembangan Dick Carey yang telah disesuaikan. Pengembangan dilaksanakan dalam 6 tahap yaitu (1) mengidentifikasi masalah (2) mengembangkan strategi pembelajaran (3) pengembangan media pembelajaran (4) uji validasi (5) revisi media pembelajaran (6) produksi media pembelajaran. Uji validasi isi dilaksanakan oleh 2 dosen kimia UM dan 3 guru kimia SMA. Subyek dalam uji coba terbatas adalah siswa kelas XI SMA yang telah menerima materi kelarutan dan hasil kali kelarutan sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung rata-rata skor kemudian dikategorikan ke dalam empat kriteria. Hasil penelitian pengembangan berupa berupa soft file media pembelajaran digital yang dikemas dalam CD dan dilengkapi dengan program auto run. Media pembelajaran digital yang dihasilkan memiliki 4 bagian utama yaitu cover pendahuluan materi dan evaluasi. Media pembelajaran yang dikembangkan bersifat interaktif dapat diakses secara runut yaitu dari kiri ke kanan ataupun secara acak sesuai dengan kebutuhan pengguna disajikan 4 pilihan musik klasik dan disajikan materi pengayaan. Berdasarkan hasil analisis data uji validasi diperoleh nilai rata-rata skoring 3 6 yang memenuhi kriteria sangat layak dan nilai rata-rata skoring 3 25 untuk uji coba terbatas dengan kriteria layak. Media hasil pengembangan dapat dimanfaatkan untuk membantu guru dalam membelajarkan siswa maupun sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu pelaksanaan uji empirik terhadap media yang dikembangkan agar dapat diketahui keefektifan media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21829

Actions (login required)

View Item View Item