Pengaruh penerapan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dalam pembelajaran kimia materi pokok larutan penyangga terhadap minat berwirausaha, motivasi belajar, kreativitas, dan kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Batu / Martin Yantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dalam pembelajaran kimia materi pokok larutan penyangga terhadap minat berwirausaha, motivasi belajar, kreativitas, dan kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Batu / Martin Yantini

Yantini, Martin (2011) Pengaruh penerapan pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) dalam pembelajaran kimia materi pokok larutan penyangga terhadap minat berwirausaha, motivasi belajar, kreativitas, dan kemampuan kognitif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Batu / Martin Yantini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) minat berwirausaha motivasi belajar kreativitas kemampuan kognitif larutan penyangga Salah satu fungsi pendidikan adalah sebagai penyiapan tenaga kerja. Fungsi ini menjadi misi penting dari pendidikan karena pekerjaan menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bertujuan untuk menyiapkan siswa meneruskan ke tingkat pendidikan lebih lanjut yaitu Perguruan Tinggi. Namun pada kenyataannya tidak semua lulusan SMA berkesempatan dan diterima melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Aspek-aspek pelajaran kimia adalah pemahaman berbagai fakta kemampuan mengenal dan memecahkan masalah keterampilan dalam penggunaan laboratorium dan sikap ilmiah yang ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari. Segala fenomena atau kejadian alam tentunya tak terlepas dari ilmu kimia dengan demikian semestinya ilmu kimia dapat dikemas menjadi suatu hal yang menyenangkan dan mampu memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kemudahan belajar kimia. Larutan penyangga merupakan materi yang berisi teori-teori yang jika disampaikan hanya dengan metode ceramah maka siswa tidak akan tertarik untuk mempelajarinya sehingga dibutuhkan metode lain yang mampu menumbuhkan semangat siswa dalam mempelajari materi tersebut. Pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) adalah pendekatan pembelajaran kimia yang dikaitkan dengan objek nyata sehingga selain dididik siswa dapat mempelajari proses pengolahan suatu bahan menjadi produk yang bermanfaat bernilai ekonomi dan menumbuhkan semangat berwirausaha dengan demikian pembelajaran akan lebih bermakna dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan CEP terhadap minat berwirausaha motivasi belajar dan mendeskripsikan kreativitas dan kemampuan kognitif siswa setelah penerapan pendekatan CEP pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-Experiment Designs dan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan sebelum dan setelah penerapan pendekatan CEP. Data minat berwirausaha dan motivasi belajar siswa diperoleh sebelum dan setelah penerapan CEP sedangkan data kreativitas dan kemampuan kognitif siswa diperoleh setelah penerapan pendekatan CEP. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen pengukuran yang digunakan berupa tes dan non tes. Analisis data hasil penelitian meliputi analisis statistik dan analisis deskriptif. Analisis statistik digunakan untuk melihat pengaruh terhadap minat berwirausaha dan motivasi belajar. Pada analisis statistik menggunakan uji paired sample t test paired sample correlations dan simple regression dengan bantuan SPSS 16 0 for Windows. Pengaruh antar variabel ditentukan dengan analisis korelasi dan penentuan koefisien determinasi. Sedangkan analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pengaruh terhadap kreativitas dan kemampuan kognitif siswa. Analisis deskriptif yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis tersebut didasarkan pada ketuntasan klasikal siswa. Kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 85% memperoleh nilai 8805 70. Berdasarkan hasil an lisis data tersebut diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan pendekatan CEP berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini dilihat berdasarkan adanya hubungan positif antara penerapan pendekatan CEP terhadap minat berwirausaha siswa sebesar 0 525. Besarnya pengaruh antar variabel ditentukan dari koefisien determinasi yang diperoleh yaitu 27 60%. Hasil uji t juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan minat berwirausaha siswa sebelum dan setelah penerapan pendekatan CEP dengan thitung yang diperoleh sebesar 5 68. Kedua penerapan pendekatan CEP memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Adanya pengaruh ini dilihat berdasarkan korelasi yang diperoleh sebesar 0 319 dan menunjukkan adanya hubungan positif antar kedua variabel. Besarnya pengaruh ditentukan oleh koefisien determinasi yang diperoleh yaitu 10 20%. Hasil uji t juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan minat berwirausaha siswa sebelum dan setelah penerapan pendekatan CEP dengan thitung yang diperoleh sebesar 3 89. Ketiga berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa setelah penerapan pendekatan CEP 100% siswa mempunyai kreativitas yang tergolong tinggi dan sangat tinggi. Keempat hasil perhitungan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 94 28% dan sudah mencapai tolok ukur keberhasilan yang ditetapkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item