Pengembangan modul kesetimbangan kimia dengan acuan quantum teaching untuk kelas XI semester I Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) / Nur Indah Firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kesetimbangan kimia dengan acuan quantum teaching untuk kelas XI semester I Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) / Nur Indah Firdausi

Firdausi, Nur Indah (2011) Pengembangan modul kesetimbangan kimia dengan acuan quantum teaching untuk kelas XI semester I Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) / Nur Indah Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul Quantum Teaching Kesetimbangan Kimia Konsep konsep dalam materi kesetimbangan kimia bersifat abstrak sehingga sebagian siswa masih merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Hasil perbandingan beberapa buku kimia terhadap materi kesetimbangan kimia menunjukkan bahwa masih ada kekurangan dalam penyajian materi ini baik dalam hal keluasan maupun kedalaman materi. Karena itu penulis merasa perlu untuk mengembangkan Modul Kesetimbangan Kimia dengan Acuan Quantum Teaching untuk Kelas XI Semester 1 Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) . Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul kesetimbangan kimia dengan acuan quantum teaching untuk kelas XI semester 1 di Rintisan SMA Bertaraf Internasional (R-SMA-BI) dan mengetahui kelayakannya untuk digunakan dalam proses pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian pengembangan modul ini menggunakan model pengembangan menurut Dick dan Carey yang meliputi sepuluh langkah pengembangan namun pengembang hanya menggunakan sembilan dari sepuluh langkah tersebut karena adanya keterbatasan waktu penelitian. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Malang dan SMAN 4 Malang. Subyek validasi isi adalah dua dosen kimia dan dua guru kimia dari kedua SMA di atas sedangkan subyek uji keterbacaan adalah sepuluh siswa kelas XI IPA di SMAN 4 Malang. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert. Data hasil uji coba terdiri dari data kuantitatif berupa angka 4 3 2 atau 1 dan data kualitatif berupa kritik saran atau komentar. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis persentase dan nilai rata rata. Data kualitatif dipertimbangkan dan sebagian digunakan untuk merevisi produk. Modul hasil pengembangan terdiri dari bagian pra pendahuluan bagian pendahuluan dan bagian isi. Terdapat lima subbab dalam modul ini dimana setiap subbab dijelaskan melalui enam fase dalam quantum teaching yaitu enroll experience label demonstrate review celebrate. Hasil validasi menunjukkan bahwa rata rata persentase komponen isi 90% dan total nilai rata rata 3 6 rata rata persentase komponen penyajian 95% total nilai rata rata 3 8 rata rata persentase komponen penyajian 88% dan total nilai rata-rata 3 5. Sedangkan persentase rata rata dari hasil uji keterbacaan siswa sebesar 83% dan analisis rata rata sebesar 3 3. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan dapat dikatakan bahwa modul ini sudah valid. Namun demikian kritik dan saran dipertimbangkan untuk merevisi produk. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada peneliti lain untuk melakukan evaluasi sumatif terhadap modul ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item View Item