Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer menggunakan software macromedia flash 8 untuk materi sistem koloid / Zuni Muhima - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer menggunakan software macromedia flash 8 untuk materi sistem koloid / Zuni Muhima

Muhima, Zuni (2011) Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer menggunakan software macromedia flash 8 untuk materi sistem koloid / Zuni Muhima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci 4-D Models) Design compact disc. Media ini dari 4 tahap pengembangan yaitu Define (pendefinisian) dikembangkan untuk membantu guru dalam mengajar di kelas serta sarana belajar mandiri bagi siswa. Validasi hasil pengembangan oleh validator ahli isi media pembelajaran (validasi isi) menunjukkan persentase rata-rata kelayakan media pembelajaran ini sebesar 89 19% sedangkan hasil validasi terhadap kelompok kecil (uji terbatas) menunjukkan persentase rata-rata kelayakan media pembelajaran ini sebesar 80 64%. Kedua hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk dipergunakan namun keefektifannya perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan pembelajaran di kelas. (perancangan) Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Pengujian validitas media ini menggunakan angket. Pengujian validitas meliputi validasi isi dan uji terbatas. Validator pada validasi isi adalah satu dosen kimia UM satu guru MAN 3 Malang satu guru SMAN 7 Malang dan satu guru SMAN 9 Malang. Uji terbatas dilakukan terhadap 25 siswa kelas XI IPA-4 SMAN 7 Malang. Setelah melalui tahap validasi media ini direvisi berdasarkan masukanmasukan yang diberikan oleh para validator. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran pada materi sistem koloid untuk SMA kelas XI dalam bentuk media pembelajaran macromedia flash 8 sistem koloid Materi kimia meliputi tiga aspek penting yaitu aspek makroskopis mikroskopis dan simbolik. Dalam aspek mikroskopik terdapat konsep-konsep yang sifatnya abstrak. Ketiga hal itu harus diajarkan pada siswa agar materi dapat tersampaikan dengan mudah dan meminimalkan terjadinya salah konsep. Sementara dalam pembelajaran di kelas para guru masih sangat jarang menyampaikan materi kimia sampai pada aspek mikroskopis. Hal inilah yang menyebabkan pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari ilmu kimia sangat kurang bahkan tak jarang sampai menimbulkan kesalahan konsep. Salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk menjelaskan materi kimia sampai pada aspek mikroskopik adalah dengan penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Media ini dapat menyajikan animasi-animasi serta video yang lebih memudahkan siswa dalam memahami konsep yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan emahaman siswa dalam materi sistem koloid. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21825

Actions (login required)

View Item View Item