Identifikasi pemahaman salah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang dalam materi kesetimbangan kimia / Dewi Erly Ferdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman salah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang dalam materi kesetimbangan kimia / Dewi Erly Ferdiana

Ferdiana, Dewi Erly (2011) Identifikasi pemahaman salah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang dalam materi kesetimbangan kimia / Dewi Erly Ferdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahamn salah kesalahan konsep kesetimbangan kimia Ilmu kimia merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa SMA. Hal itu disebabkan oleh konsep kimia yang bersifat abstrak. Konsep-konsep kimia pada dasarnya adalah konsep berjenjang konsep tersebut akan berkembang dari yang sederhana ke arah yang lebih kompleks dimana konsep tersebut saling berhubungan dan saling menunjang. Bila siswa mengalami pemahaman salah dalam konsep yang sederhana maka siswa akan mengalami kesulitann dalam memahami konsep yang lebih kompleks. Hal tersebut mungkin disebabkan siswa mengalami pemahaman salah dalam mengaplikasikan konsep-konsep aturan-aturan serta rumus-rumus dalam menyelesaikan masalah-masalah kimia. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) siswa yang mengalami pemahaman salah dalam memahami dan menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan (2) siswa yang mengalami pemahaman salah dalam menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan (3) siswa yang mengalami pemahaman salah dalam memahami dan menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri (4) letak pemahaman salah yang paling tinggi dialami oleh siswa serta (5) pemahaman salah yang masih banyak sdimiliki siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan penunjukkan oleh Kepala Sekolah dan guru kimia kelas XI (Available sampling) yang ditunjuk sebagai sampel 2 kelas dari 3 kelas yang ada yaitu siswa kelas XI-IPA 2 dan XI-IPA 3 SMA Negeri 6 Malang sebagai sampel. Penunjukkan oleh Kepala sekolah didasarkan pada kenyataan bahwa ketiga kelas merupakan kelas homogen yang berkemampuan sama. Instrumen yang digunakan adalah tes obyektif dengan empat pilihan jawaban dan terdiri dari 20 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) pemberian skor (2) pengelompokan butir soal ke dalam konsep berdasarkan kisi-kisi soal (3) menghitung persentase jumlah siswa yang menjawab salah untuk penentuan pemahaman salah siswa (4) menghitung persentase tiap butir pilihan jawaban salah. Hasil penelitian menggambarkan bahwa (1) Siswa yang mengalami pemahaman salah dalam menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan pada materi kesetimbangan dinamis sebanyak 30 siswa menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen sebanyak 7 siswa menjelaskan tetapan kesetimbangan sebanyak 44 siswa meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier sebanyak 32 siswa menganalisis pengaruh perubahan suhu konsentrasi tekanan dan volume pada pergeseran kesetimbangan sebanyak 37 siswa (2) Pemahaman salah dalam menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan pada materi menentukan derajat dissosiasi sebanyak 45 siswa perubahan konsentrasi gas pada keadaan setimbang berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi sebanyak 53 siswa menentukan hubungan tetapan kesetimbangan untuk penjumlahan reaksi-reaksi kesetimbangan atau sebaliknya sebanyak 21 siswa (3) Pemahaman salah dalam memahami dan menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri pada materi menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan sebanyak 49 siswa (4) Letak pemahaman salah siswa paling tinggi terjadi pada materi perubahan konsentrasi gas pada keadaan setimbang berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi sebanyak 53 siswa (5) Pemahaman salah yang masih banyak dimiliki siswa adalah pemahaman tentang a) Keadaan setimbang akan tercapai saat konsentrasi pereaksi sama dengan konsentrasi zat hasil reaksi sebanyak 43 siswa b) Rumus tetapan kesetimbangan selalu produk dibagi reaksi sebanyak 56 siswa c) Pergeseran arah kesetimbangan yaitu jika semua tekanan diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah koefisisen zat yang besar sebanyak 23 siswa d) Derajat dissosiasi selalu ditentukan dengan membagi mol zat terurai dengan mol zat mula-mula sebanyak 27 siswa f) Pergeseran arah kesetimbangan dimana jika tekanan diperbesar maka jumlah molekul CO2 juga akan semakin bertambah sebanyak 31 siswa g) Salah satu tahapan dalam pembuatan amoniak dalam proses Haber Bosch menggunakan katalisator serbuk besi dengan campuran sebanyak 29 siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item View Item