Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII semester 2 / Kriesna Kharisma Purwanto

Purwanto, Kriesna Kharisma (2011) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer pada materi senyawa karbon untuk SMA kelas XII semester 2 / Kriesna Kharisma Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: media pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, gugus fungsi senyawa karbon Dalam proses belajar mengajar tidak hanya terjadi interaksi antara guru dan murid, tetapi juga terjadi interaksi antara guru, murid, materi pelajaran, dan juga media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran, tentu saja akan membantu keefektifan proses pembelajaran di sekolah sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran dengan sangat mudah. Latar belakang dilakukannya pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ini yaitu (1) keterbatasan guru, (2) media pembelajaran yang relatif masih mahal, (3) tidak tersedianya fasilitas untuk menunjang penggunaan media pembelajaran, (4) siswa lebih senang belajar menggunakan komputer, dan (5) dalam materi kimia khususnya gugus fungsi senyawa karbon terdapat materi yang bersifat abstrak. Dengan adanya media pembelajaran berbasis komputer ini akan dapat membantu guru dalam menjelaskan konsep-konsep kimia yang abstrak kepada siswa sehingga siswa dapat memahaminya dengan baik dan benar. Dasar rancangan pengembangan media pembelajaran ini adalah model rancangan Dick and Carey. Prosedur pengembangan yang akan dilakukan meliputi tahap-tahap (1) study literatur, (2) pembuatan media pembelajaran, (3) penelaahan dan revisi media pembelajaran, (4) validasi isi dan desain media pembelajaran, (5) memproduksi media pembelajaran. Uji coba produk yang dilakukan adalah uji perseorangan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) tertutup yang menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk memperoleh presentase kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Validator yang dipilih terdiri dari 2 dosen kimia dan 2 orang guru kimia MA. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Senyawa Karbon yang telah dikembangkan berbentuk CD pembelajaran yang terdiri dari 5 tampilan, yaitu cover, pendahuluan, materi, permainan, dan tes. Pada tampilan pendahuluan terdapat 4 menu, yaitu menu identitas materi, menu peta konsep, menu guggus fungsi, dan menu isomer. Pada tampilan materi terdapat 7 menu, yaitu menu alkanol, alkoksialkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, alkil alkanoat, dan haloalkana. Pada masing-masing materi tersebut juga terdapat menu latihan soal. Pada tampilan permainan terdapat 2 menu, yaitu TTS dan puzzle. Dari hasil uji validasi/uji kelayakan oleh 2 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia MAN Malang 1, media ini memiliki persentase kelayakan rata-rata sebesar 84,7% dengan kriteria layak sebagai sebuah media pembelajaran. Walaupun demikian, hasil validasi tersebut perlu dilanjutkan dengan melakukan uji coba media di kelas untuk mengetahui efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa terhadap materi senyawa karbon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21815

Actions (login required)

View Item View Item