Pengembangan bahan ajar digital dalam bentuk website pada materi struktur atom untuk siswa SMA kelas X semester 1 / Riki Yakob - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital dalam bentuk website pada materi struktur atom untuk siswa SMA kelas X semester 1 / Riki Yakob

Yakob, Riki (2011) Pengembangan bahan ajar digital dalam bentuk website pada materi struktur atom untuk siswa SMA kelas X semester 1 / Riki Yakob. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kimia media pembelajaran website. Salah satu materi kimia adalah struktur atom. Dalam materi ini terdapat konsep-konsep yang bersifat abstrak misalnya konsep model atom. Konsep ini tidak dapat dipahami oleh siswa dengan benar hanya melalui penjelasan secara tertulis tetapi harus disampaikan melalui gambar maupun animasi. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan media yang mampu menampilkan konsep-konsep abstrak menjadi lebih konkrit. Adapun tujuan penelitian ini adalah mewujudkan media pembelajaran atau bahan ajar digital dalam bentuk website untuk materi struktur atom yang sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) disamping itu juga untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran kimia ini menggunakan pengembangan Model 4D Tutorial dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define (pendefinisian) dengan melakukan analisis awal analisis siswa analisis konsep dan perumusan tujuan Design (perancangan) dengan melakukan penyusunan tes pemilihan format dan desain awal media Develop (pengembangan) dengan melakukan validasi revisi uji coba revisi kedua dan Disseminate (penyebaran) dengan mengunakan media dalam pembelajaran sebenarnya. Tahap Disseminate belum dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian. Validasi produk media yang dihasilkan dilakukan oleh 2 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia yang berkompeten dalam media dan materi struktur atom. Setelah dilakukan validasi media kemudian di revisi dan dilanjutkan dengan uji coba terbatas kepada 5 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket (skala linkert) yang menggambarkan data kuantitatif dan kualitatif. Media pembelajaran yang telah di revisi kemudian dimasukkan kedalam blog dalam bentuk website dengan alamat http// www.kimia.totalcc.co.cc. Dalam media pembalajaran ini ada tiga bagian utama yaitu home materi dan soal latihan. Dalam tampilan materi secara garis besar dibedakan menjadi perkembangan teori atom 3 partikel penyusun atom konfigurasi elektron nomor massa dan nomor atom dan latihan soal. Hasil validasi menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelayakan sebesar 83.4% dengan kriteria layak sebagai media pembelajaran. Setelah dilakukan revisi pada media dan dilakukan uji coba terbatas kepada 5 siswa diperoleh persentase sebesar 84% dengan kriteria layak. Namun uji coba(tahap Disseminate) belum dilakukan karena keterbatasan waktu penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item View Item