Pengaruh penggunaan metode student teams achievement division (STAD) terhadap hasil dan motivasi belajar dalam pembelajaran tata nama senyawa dan hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Kesamben / Galuh Suci Purwitosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode student teams achievement division (STAD) terhadap hasil dan motivasi belajar dalam pembelajaran tata nama senyawa dan hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Kesamben / Galuh Suci Purwitosari

Purwitosari, Galuh Suci (2011) Pengaruh penggunaan metode student teams achievement division (STAD) terhadap hasil dan motivasi belajar dalam pembelajaran tata nama senyawa dan hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Kesamben / Galuh Suci Purwitosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD hasil belajar motivasi belajar Sekolah selaku bagian dari lingkungan pendidikan memegang peran penting dalam mendidik siswa. Guru yang merupakan komponen dari sekolah menjadi tokoh utama yang membantu siswa dalam menguasai materi pelajaran. Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk membantu siswa mempelajari materi pelajaran atau ilmu pengetahuan adalah dengan mengajak siswa secara aktif membangun pengetahuannya. Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif membangun pengetahuannya sendiri sangat penting. Pembelajaran menggunakan metode STAD merupakan pembelajaran yang sesuai untuk membelajarkan materi kimia yang bersifat naratif dan hitungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode STAD dan metode konvensional pada materi tata nama senyawa dan hukum-hukum dasar kimia (2) perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diajar dengan metode STAD. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kesamben sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X-3 yang menjadi kelompok kontrol dan siswa kelas X-5 yang menjadi kelompok eksperimen. Instrumen penelitiannya berupa instrumen pada saat pembelajaran instrumen pengukur hasil belajar dan instrumen pengukur motivasi belajar. Data hasil dan motivasi belajar dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan metode STAD dan metode konvensional. Siswa yang menggunakan pembelajaran STAD memperoleh hasil belajar yang lebih bagus daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode STAD. Motivasi belajar siswa meningkat pembelajaran STAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode STAD memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item