Kajian pemahaman konsep materi dan perubahannya melalui gambaran mikroskopik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran 2010/2011 / Syofia Cholidawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian pemahaman konsep materi dan perubahannya melalui gambaran mikroskopik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran 2010/2011 / Syofia Cholidawati

Cholidawati, Syofia (2011) Kajian pemahaman konsep materi dan perubahannya melalui gambaran mikroskopik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran 2010/2011 / Syofia Cholidawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman konsep materi dan perubahannya gambaran mikroskopik. Pembelajaran konsep materi dan perubahannya tidak cukup hanya dilakukan pada tingkatan makroskopik dan simbolik saja tetapi harus melibatkan tingkatan mikroskopik yaitu pembelajaran mengenai konsep partikel penyusun materi. Konsep partikel penyusun materi merupakan konsep abstrak. Untuk membantu siswa memahami konsep partikel penyusun materi digunakan gambaran mikroskopik. Tujuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui pemahaman siswa melalui gambaran mikroskopik tentang (a) susunan partikel materi dalam wujud padat (b) susunan partikel materi dalam wujud cair (c) susunan partikel materi dalam wujud gas (d) susunan partikel saat mengalami perubahan fisika (e) susunan partikel saat mengalami perubahan kimia. (2) Untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam memahami konsep materi dan perubahannya melalui gambaran mikroskopik. (3) Untuk mengetahui letak kesalahan pemahaman siswa dalam memahami konsep materi dan perubahannya melalui gambaran mikroskopik. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX D dan IX F yang terdiri dari 64 siswa. Sampel ditentukan berdasarkan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dengan validitas isi sebesar 93 6% dan koefisien reliabilitas dihitung menggunakan persamaan Kuder Richardson-20 sebesar 0 69. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pemahaman siswa melalui gambaran mikroskopik mengenai (a) susunan partikel materi dalam wujud padat termasuk dalam kriteria baik sekali (b) susunan partikel materi dalam wujud cair termasuk dalam kriteria baik (c) susunan partikel materi dalam wujud gas termasuk dalam kriteria kurang (d) susunan partikel saat mengalami perubahan fisika termasuk dalam kriteria kurang (e) susunan partikel materi saat mengalami perubahan kimia termasuk dalam kriteria sangat kurang. (2) Kesulitan siswa dalam memahami konsep materi dan perubahannya melalui gambaran mikroskopik yaitu siswa kesulitan dalam (a) membedakan susunan partikel zat padat-cair dan zat cair-gas (b) menentukan komposisi dari atom-atom penyusun molekul (c) membedakan molekul unsur dan senyawa (d) membedakan konsep atom dan unsur (e) menentukan komposisi zat murni dan membedakan campuran dan zat murni (f) membedakan perubahan fisika dan kimia. (3) Kesalahan pemahaman yang dialami siswa adalah siswa cenderung menganggap (a) susunan partikel zat cair seperti susunan partikel pada wujud gas (b) dalam proses penguapan panas akan memutuskan ikatan dalam molekul senyawa (c) dalam fase gas unsur hanya digambarkan sebagai gas monoatomik dan unsur dengan molekul diatomik dianggap sebagai senyawa dan (d) molekul unsur digambarkan sebagai gas monoatomik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21811

Actions (login required)

View Item View Item