Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode injuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2009/2010 / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode injuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2009/2010 / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2011) Perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode injuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit kelas X SMA Laboratorium UM tahun ajaran 2009/2010 / Sri Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Inkuiriterbimbing hasilbelajar persepsisiswa Salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan yaitu dengan adanya perubahan orientasi pembelajaran dari belajar yang berpusat pada guru (behavioristik) menjadiberpusat pada siswa (konstruktivistik). Salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan siswa dalam menemukan konsep yaitu pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing.Pada pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing siswa dilibatkan secara aktif dalam menemukan konsep dasar sehingga siswa lebih mudah memahami konsep tersebut dan ingatan siswa terhadap konsep tersebut akan bertahan lebih lama. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dengan metode konvensional pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit dan(2) persepsi siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dalam materiLarutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan ekperimen semu dan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Lab. UM. Sampel didapatkan dengan teknik Cluster Random Sampling hingga diperoleh bahwa kelas X-3 yang diajarkandenganmetodeinkuiriterbimbingdan kelas X-5yang diajarkandenganmetodekonvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPPdan LKS dan instrumen pengukuran berupa lembar observasi angket dan soal hasil belajar. Data hasil belajar dianalisismenggunakan uji tdenganbantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajardenganmetodekonvensional dengan nilai rata-rata 83 19 untuk kelas inkuiri terbimbing dan 74 56 untuk kelas konvensional (2)Persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing menunjukkan 32% siswa merespon sangat positif 55% siswa merespon positif dan 13% siswa merespon sangat negatif. Hal tersebut mengindikasikan pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing dapat diterima siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item View Item