Pengaruh penggunaan model STAD-PETA konsep terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang pada materi pokok materi dan perubahannya / Dewi Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model STAD-PETA konsep terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang pada materi pokok materi dan perubahannya / Dewi Kurniawati

Kurniawati, Dewi (2011) Pengaruh penggunaan model STAD-PETA konsep terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang pada materi pokok materi dan perubahannya / Dewi Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci STAD peta konsep prestasi belajar respon materi dan perubahannya SMK Pembelajaran kimia menurut KTSP SMK disarankan dapat melibatkan siswa secara aktif. Salah satu strategi pembelajaran inovatif yang dapat memberikan dampak positif baik pada kualitas proses maupun prestasi belajar adalah pembelajaran kooperatif seperti tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dipadukan dengan pembelajaran peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD-peta konsep (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD-peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD-peta konsep dan strategi peta konsep pada (4) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membuat peta konsep yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe STAD-peta konsep dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dan (5) mendeskripsikan pengaruh penilaian aktivitas siswa di dalam kelompok terhadap prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD-peta konsep. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dan deskriptif kuantitatif. Rancangan eksperimental semu digunakan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa. Sedangkan rancangan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif STAD-peta konsep. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X B dan X C SMK Putra Indonesia tahun ajaran 2010/2011. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan (terdiri dari silabus RPP lembar diskusi dan hands out) dan instrumen pengukuran (terdiri dari tes dan lembar observasi penilaian kelompok). Analisis dilakukan dengan uji t pada taraf signifikansi 945 0 05 dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar kelas eksperimen (dibelajarkan dengan pembelajaran STAD-peta konsep) lebih baik dari pada kelas kontrol (dibelajarkan dengan peta konsep) hal ini didasarkan pada hasil uji t pihak kanan yang menunjukkan t hitung t tabel (52 01 1 995). Keterlaksanaan pembelajaran kooperatif STAD-peta konsep telah berlangsung cukup baik dengan persentase keterlaksanaan 92 16% sampai 97 98%. Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen adalah 79 34 dengan ketuntasan 81 58% serta kelas kontrol dengan nilai rata-rata 73 68 dan ketuntasan 57 89%. Sebanyak 55 26% siswa memberikan respon sangat positif dan 44 74% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran kimia dengan menggunakan model kooperatif STAD-peta konsep. Siswa memberikan respon sangat positif (65 79%) respon positif (15 79%) dan respon netral (18 42%) terhadap pembelajaran peta konsep. Nilai rata-rata kelas kontrol dalam membuat peta konsep adalah 83 51 sedangkan kelas eksperimen adalah 77 68. Penilaian aktivitas siswa di dalam kelompok dapat memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa yaitu dapat meningkatkan nilai tes prestasi belajar dan persentase ketuntasan yang tinggi (80-100%) dalam tiap kelompok yang berhasil menerapkan model pembelajaran STAD-peta konsep. Kelas harus terkondisi dengan baik selama pelaksanaan pembelajaran STAD-peta konsep sebab diperlukan alokasi waktu yang cukup lama. Oleh karena itu perlu adanya manajemen yang baik dari guru untuk mengelola kelas dan waktu agar kompetensi dasar yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item