Pengembangan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan model learning cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester II sebagai penunjang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) / Juraihan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan model learning cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester II sebagai penunjang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) / Juraihan

Juraihan (2010) Pengembangan modul kelarutan dan hasil kali kelarutan model learning cycle 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester II sebagai penunjang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) / Juraihan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Modul Learning Cycle 5-E KTSP Kelarutan dan hasil kali kelarutan Penerapan pembelajaran berorientasi konstruktivistik pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut guru berperan sebagai fasilitator belajar dan siswa sebagai pembelajar yang aktif. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi konstruktivistik adalah model Learning Cycle 5 fase (Learning Cycle 5-E). Sejauh ini belum ada bahan ajar (modul) materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang dikembangkan dengan menggunakan model Learning Cycle 5-E (LC 5-E) untuk mendukung kegiatan pembelajaran LC 5-E. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan modul Kelarutan dan hasil kali kelarutan model LC 5-E untuk SMA/MA kelas XI semester II sebagai penunjang KTSP. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul Kelarutan dan hasil kali kelarutan model LC 5-E serta menguji tingkat kesesuaian/kelayakannya. Pengembangan modul ini dilakukan melalui beberapa langkah yaitu (1) Mengkaji kurikulum (2) Menganalisis kebutuhan modul (3) Menyusun modul (4) Validasi draft modul (5) Menganalisis data (6) Melakukan revisi. Desain validasi pengembangan modul menggunakan validasi isi. Validator terdiri dari 1 dosen kimia dan 2 guru kimia SMA/MA. Adapun guru SMA/MA yang menjadi validator berasal dari MAN 3 Malang. Jenis data berupa tanggapan saran dan kritik dari validator sebagai data kualitatif dan angket penilaian dengan skala Likert sebagai data kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis nilai rata-rata. Hasil pengembangan dari penelitian ini antara lain (1) Modul pengembangan Kelarutan dan hasil kali kelarutan model LC 5-E terdiri dari 2 bagian yaitu bagian pendahuluan dan bagian isi. Hasil validasi menunjukkan bahwa bentuk modul yang dikembangkan telah sesuai dengan model LC 5-E dengan nilai rata-rata pada setiap fase dalam model LC 5-E sebesar 3 47 dan memenuhi kriteria valid (2) Hasil validasi kelayakan pengembangan modul secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata sebesar 3 55 dengan kriteria valid hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk membantu siswa dan guru pada proses belajar mengajar berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Saran yang dapat dikemukakan adalah modul hasil pengembangan sebaiknya divalidasi sampai tahap uji coba lapangan (validasi empirik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21804

Actions (login required)

View Item View Item