Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam metode inkuiri terbimbing terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Malang pada materi kimia koloid / Findriana Agustin Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam metode inkuiri terbimbing terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Malang pada materi kimia koloid / Findriana Agustin Krisnawati

Krisnawati, Findriana Agustin (2010) Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam metode inkuiri terbimbing terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XI MAN 3 Malang pada materi kimia koloid / Findriana Agustin Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci inkuiri terbimbing media pembelajaran berbasis komputer prestasi belajar kimia motivasi belajar kimia. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menekankan adanya perolehan pengalaman langsung melalui proses pembelajaran. Untuk mata pelajaran kimia metode inkuiri terbimbing merupakan salah satu alternatif untuk memberikan pengetahuan secara langsung kepada siswa untuk melakukan kerja ilmiah. Metode inkuiri terbimbing adalah salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan. Akan tetapi metode tersebut mempunyai beberapa kelemahan salah satunya dalam penyampaian konsep yang tidak terjangkau inderawi oleh karena itu diperlukan media pembelajaran berbasis komputer untuk menutupi kekurangan dari metode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam metode inkuiri terbimbing terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi kimia koloid. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan postes only design. Kelas yang dijadikan kelas sampel adalah kelas XI-IPA4 dan XI-IPA3. Kelas XI-IPA4 dijadikan sebagai kelas ekperimen yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran berbasis komputer sedangkan kelas XI-IPA3 dijadikan sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah soal tes yang valid dengan reliabilitas 0 865 dan angket. Instrumen diberikan setelah perlakuan. Analisis data dengan menggunakan uji t dan uji u dengan bantuan SPSS Seri 17 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi dan motivasi belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Siswa yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing berbantuan media pembelajaran berbasis komputer mempunyai nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 80 74 dan rata-rata skor motivasi sebesar 105 68. Sedangkan siswa yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing mempunyai nilai rata-rata prestasi belajar 71 12 dan rata-rata skor motivasi sebesar 98 59.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21803

Actions (login required)

View Item View Item