Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar pada materi koloid / Novita Resti Suprobowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar pada materi koloid / Novita Resti Suprobowati

Suprobowati, Novita Resti (2010) Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar pada materi koloid / Novita Resti Suprobowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri terbimbing kemampuan berpikir kritis hasil belajar koloid Salah satu hal utama yang perlu dibenahi dalam konteks peningkatan mutu pendidikan adalah efektivitas model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri berpikir logis kritis dan rasional sehingga dapat digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (Quasy- Experimental Design) dan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan cara undian kelas sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen tes terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t pihak kanan pada taraf signifikansi ( 945 ) 0 05 dan dideskripsikan secara kuantitatif untuk memperoleh gambaran nyata tentang kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi koloid (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MAN Tlogo pada materi Koloid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item