Pengembangan modul materi dan perubahannya dengan model learning cycle 5 fase untuk sekolah menengah kejuruan kelas X semester I / Agus Rahmad Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul materi dan perubahannya dengan model learning cycle 5 fase untuk sekolah menengah kejuruan kelas X semester I / Agus Rahmad Pratama

Pratama, Agus Rahmad (2010) Pengembangan modul materi dan perubahannya dengan model learning cycle 5 fase untuk sekolah menengah kejuruan kelas X semester I / Agus Rahmad Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modul Model Learning Cycle 5 fase materi dan perubahannya KTSP Dick and Carey Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) proses pembelajaran yang bersifat konstruktivistik sangat ditekankan. Salah satu model pembelajaran yang bersifat konstruktivistik adalah Learning Cycle 5 fase. Untuk lebih mendukung proses pembelajaran yang berorientasi konstruktivistik maka diperlukan kolaborasi antara bahan ajar dan modul yang digunakan. Sejauh ini bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dengan model Learning Cycle 5 fase untuk SMK pada pokok bahasan Materi dan Perubahannya belum tersedia. Oleh karena itu peneliti mengembangkan modul Materi dan Perubahannya dengan model Learning Cycle 5 fase. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menghasilkan modul Materi dan Perubahannya dengan model Learning Cycle 5 fase untuk Sekolah Menengah Kejuruan Semester I serta menguji tingkat kelayalakannya. Modul dikembangkan dengan mengadaptasi desain Dick Carey yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) mengidentifikasi pembelajaran umum (2) menganalisis materi pembelajaran (3) mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa (4) menuliskan pengalaman belajar (5) mengembangkan item tes berbasis kriteria (6) pemilihan strategi pembelajaran (7) mengembangkan produk pembelajaran (8) melakukan validasi formatif (9) melakukan revisi dan memproduksi modul dan (10) melakukan evaluasi sumatif. Namun karena keterbatasan waktu hanya dilakukan sampai langkah ke-9. Desain validasi terdiri dari dua macam yaitu validasi soal uji kompetensi dan validasi isi produk (modul dilengkapi RPP). Validasi soal uji kompetensi diujicobakan ke siswa dan dianalisis validitas reliabilitas tingkat kesukaran dan daya bedanya. Soal-soal dengan kriteria baik dimasukkan dalam modul. Modul yang telah lengkap dengan RPP divalidasi isi oleh ahli (validator). Intrumen pengumpulan data berupa soal uji kompetensi dan angket validasi. Hasil validasi dianalisis dengan teknik analisis nilai rata-rata. Hasil dari pengembangan adalah modul Materi dan Perubahannya yang dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hasil analisis nilai rata-rata terhadap validasi modul dari 3 validator diperoleh 3 45 dengan kriteria penilaian valid/baik/layak. Hasil validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dikembangkan diperoleh nilai rata-rata sebesar 3 55 dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan modul Materi dan Perubahannya yang dilengkapi dengan RPP sudah layak dan baik untuk divalidasi empirik (evaluasi sumatif) di lapangan. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21800

Actions (login required)

View Item View Item