Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas III di SDN Kemulan 02 Turen / Mochamad Eko Budi Prastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas III di SDN Kemulan 02 Turen / Mochamad Eko Budi Prastyo

Prastyo, Mochamad Eko Budi (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam kelas III di SDN Kemulan 02 Turen / Mochamad Eko Budi Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif NHT Hasil Belajar Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar beserta implementasi penerapan pembelajaran kooperatif model NHT pada siswa kelas III mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Siklus I dan Siklus II ditempuh selama 2 kali pertemuan. Strategi Pengumpulan data untuk mendukung penelitian tersebut dengan menggunakan instrumen penelitian sebagai berikut (1) Observasi (2) Tes Hasil Belajar (3) Wawancara (4) Angket (5) Dokumentasi. Subyek penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011 mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2011. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dalam pembelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di SDN Kemulan 02 Turen Malang adalah sebagai berikut (1) Motivasi belajar siswa selama penerapan pembelajaran NHT yang berlangsung pada siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan rata - rata yaitu pada siklus I sebesar 68 73 % dengan klasifikasi cukup dan pada siklus II sebesar 86 88 % dengan klasifikasi sangat baik dan ada selisih peningkatan sebesar 18 15 %. (2) Hasil observasi terhadap tindakan guru menunjukkan bahwa pada siklus I dari 22 indikator yang disusun peneliti menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan guru sebesar 77 27% dan pada siklus II meningkat menjadi 90 90%. (3) Hasil Belajar siswa menunjukkan kenaikan rata - rata pre test dan post test. Pada siklus I nilai rata-rata pre test sebelum menggunakan pembelajaran kooperatif model NHT adalah 61 87 dengan klasifikasi cukup. Secara klasikal siswa yang tuntas belajar berjumlah 22 siswa (68 75%) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 10 siswa (31 25%). Setelah diterapkan pembelajaran kooperatif model NHT nilai rata - rata post test siswa meningkat menjadi 70 93 dengan klasifikasi baik. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa menjadi lebih baik daripada siklus I. Dimana rata - rata pre test sebesar 65 62 dengan klasifikasi cukup dan meningkat pada post test menjadi 78 43 dengan klasifikasi baik. Secara klasikal siswa yang tuntas belajar berjumlah 29 siswa (90 62%) dan yang tidak tuntas belajar berjumlah 3 siswa (9 37%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar klasikal pada siklus II sudah terpenuhi karena persentase ketuntasan belajar siswa melebihi 85 % Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut (1) Guru kelas III dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPA sehingga kegiatan belajar mengajar dapat lebih optimal. (2) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan memodifikasi desain atau rancangan penelitian misalnya penelitian eksperimen sehingga diperoleh pembuktian empirik yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item