Hubungan pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi hidrolisis garam pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri Tempeh Lumajang / Rendy Priyasmika - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi hidrolisis garam pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri Tempeh Lumajang / Rendy Priyasmika

Priyasmika, Rendy (2010) Hubungan pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi hidrolisis garam pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri Tempeh Lumajang / Rendy Priyasmika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman konseptual Pemahaman Algoritma Hidrolisis Garam Ilmu kimia merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam (IPA). Ilmu pengetahuan alam mempelajari tentang gejala alam dan berbagai peristiwanya dengan serangkaian kegiatan observasi dan eksperimen sehingga diperoleh pemahaman konsep yang utuh tentang materi perubahan materi dan energi. Pemahaman konseptual biasanya dinyatakan dengan kalimat pendek sedangkan pemahaman algoritma dinyatakan dengan persamaan matematika. Kedua pemahaman ini saling terkait erat satu dengan lainnya sehingga dalam pembelajaran konsep hidrolisis garam diperkirakan ada hubungan penguasaan konseptual dengan algoritma. Hidrolisis garam merupakan salah satu materi kimia yang tidak menutup kemungkinan memerlukan kemampuan yang baik dalam pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dengan beragam konsep dan hitungan sehingga tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui tingkat keberhasilan siswa SMAN Tempeh Lumajang dalam memahami konsep-konsep pokok berkaitan dengan hidrolisis garam (2) mengetahui tingkat keberhasilan siswa SMAN Tempeh Lumajang dalam memahami algoritma yang berkaitan dengan hidrolisis garam (3) mengetahui hubungan antara pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritma siswa dalam mempelajari materi hidrolisis garam. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri Tempeh Lumajang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri Tempeh Lumajang tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 34 orang diambil dengan teknik sampling kelompok (cluster). Untuk memperoleh data penelitian digunakan tes pemahaman konseptual dan algoritma hidrolisis garam. Data diambil dengan tes sebanyak 20 soal pilihan ganda yang valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0 735. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif uji normalitas uji linearitas dan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat pemahaman konseptual siswa kelas XII SMA Negeri Tempeh Lumajang tergolong cukup dengan nilai rata-rata 66 76 (2) tingkat pemahaman algoritma hidrolisis garam tergolong cukup dengan nilai rata-rata sebesar 65 59. Nilai rxy sebesar 0 654 pada taraf signifikansi 0 05 menunjukkan terdapat hubungan yang tinggi antara pemahaman konseptual terhadap pemahaman algoritma hidrolisis garam siswa kelas XII IPA SMA Negeri Tempeh Lumajang . Hal ini menunjukkan pemahaman konseptual mempengaruhi pemahaman algoritma pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21799

Actions (login required)

View Item View Item