Identifikasi konsep sukar dan salah konsep materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun ajaran 2010/2011 / Husnul Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi konsep sukar dan salah konsep materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun ajaran 2010/2011 / Husnul Istiqomah

Istiqomah, Husnul (2010) Identifikasi konsep sukar dan salah konsep materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi pada siswa SMA Negeri 2 Pasuruan tahun ajaran 2010/2011 / Husnul Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci konsep sukar salah konsep faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Perkembangan ilmu kimia yang didasari oleh hasil eksperimen dapat memunculkan konsep kimia yang bersifat abstrak. Keabstrakan ilmu kimia membuat mata pelajaran kimia dianggap paling sulit dan menjenuhkan. Penyebab kegagalan mempelajari ilmu kimia adalah kegagalan mempelajari konsep kimia. Konsep kimia dikembangkan berurutan dari konsep sederhana hingga kompleks. Konsep kompleks hanya dapat dipahami jika konsep yang lebih sederhana telah benar-benar dipahami. Kesulitan memahami konsep mengakibatkan terjadi konsep sukar yang berpeluang menimbulkan salah konsep. Siswa dikatakan mengalami salah konsep apabila memberikan jawaban salah secara konsisten pada sejumlah soal yang memiliki dasar konsep sama. Kesalahan pada konsep yang fundamental berdampak pada pemahaman konsep berikutnya yang lebih kompleks. Salah satu konsep kimia yang abstrak dan memerlukan pemahaman konseptual adalah faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Konsep laju reaksi merupakan salah satu konsep dasar tetapi seringkali sukar untuk dipahami sehingga berpotensi menimbulkan salah konsep. Konsep sukar adalah konsep dengan persentase jawaban salah siswa (PJS) lebih dari dan atau sama dengan 61%. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi (1) jenis konsep sukar dan (2) jenis kesukaran dan (3) jenis salah konsep. Penelitan dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik berbentuk tes pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan jawaban dan satu pilihan jawaban kosong serta disertai dengan alasan pemilihan jawaban. Soal disusun berdasarkan peta konsep dan kisi soal. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI-IA SMA Negeri 2 Pasuruan tahun ajaran 2010/2011. Hasil wawancara digunakan sebagai triangulasi data. Analisis data meliputi pemberian skor pengelompokkan butir soal berdasarkan konsep dalam kisi-kisi soal penentuan konsep sukar perhitungan persentase siswa yang menjawab pilihan jawaban salah dan penentuan salah konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep sukar yang dialami oleh siswa kelas XI-IA SMA Negeri 2 Pasuruan berdasarkan PJS adalah konsep (a) laju reaksi berdasarkan persamaan r 916 C/ 916 t (b) pengaruh pereaksi terhadap laju reaksi berdasarkan persamaan r k[A]x[B]y (khususnya reaksi orde 1) (c) hubungan pengaruh perubahan konsentrasi terhadap tumbukan partikel (d) pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi (e) hubungan pengaruh luas permukaan terhadap tumbukan partikel (f) pengaruh perubahan temperatur terhadap laju reaksi (g) pengaruh perubahan temperatur terhadap tumbukan partikel (h) definisi dan peran katalis (i) pengaruh perubahan konsentrasi luas permukaan atau temperatur terhadap tumbukan partikel (j) pengaruh perubahan konsentrasi temperatur dan katalis terhadap tumbukan efektif dan (k) pengaruh perubahan konsentrasi luas permukaan temperatur dan katalis terhadap laju reaksi. Konsep definisi dan peran katalis merupakan konsep paling sukar dengan nilai PJS sebesar 88%. (2) jenis kesukaran yang dimiliki siswa adalah sukar (a) mendefinikan dan membedakan konsep laju reaksi berdasarkan persamaan r 916 C/ 916 t (b) mendefinisikan mengidentifikasi dan membedakan pengaruh pereaksi terhadap laju reaksi berdasarkan persamaan r k[A]x[B]y (khususnya reaksi orde 1) (c) mengidentifikasi dan membedakan pengaruh perubahan konsentrasi terhadap tumbukan partikel (d) mengidentifikasi dan menghubungkan pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi (e) mendefinisikan mengidentifikasi dan membedakan pengaruh luas permukaan terhadap tumbukan partikel (f) mengidentifikasi menghubungkan dan membedakan pengaruh perubahan temperatur terhadap laju reaksi (g) mengidentifikasi dan membedakan pengaruh perubahan temperatur terhadap tumbukan partikel (h) mendefinisikan katalis mengidentifikasi dan menghubungkan peran katalis terhadap laju reaksi (i) mengidentifikasi dan membedakan pengaruh perubahan konsentrasi luas permukaan atau temperatur terhadap tumbukan partikel (j) mengidentifikasi dan membedakan pengaruh perubahan konsentrasi temperatur dan katalis terhadap tumbukan efektif dan (k) mengidentifikasi dan membedakan pengaruh perubahan konsentrasi luas permukaan temperatur dan katalis terhadap laju reaksi. (3) salah konsep yang terjadi pada siswa berdasarkan PK adalah (a) laju menyatakan penambahan konsentrasi pereaksi (b) laju menyatakan penambahan konsentrasi produk dan pereaksi (c) katalis tidak ikut bereaksi (d) katalis tidak diperoleh kembali pada akhir reaksi (e) penambahan katalis dapat meningkatkan energi kinetik (f) kenaikan konsentrasi dapat meningkatkan gerakan partikel (g) setiap tumbukan dapat menghasilkan reaksi (h) pada persamaan laju r k[A] (reaksi orde 1) laju dipengaruhi oleh konsentrasi semua pereaksi (i) pada persamaan laju r k[A] (reaksi orde 1) laju ditentukan oleh konsentrasi pereaksi yang mempengaruhi pembentukan produk (j) laju dapat ditingkatkan dengan cara menurunkan konsentrasi pereaksi (k) penambahan katalis dapat menambah jumlah partikel pereaksi (l) penambahan katalis dapat meningkatkan energi aktivasi (m) peningkatan konsentrasi dapat meningkatkan energi partikel pereaksi (n) peningkatan temperatur dapat meningkatkan energi aktivasi (o) luas permukaan besar berarti memiliki jumlah partikel lebih banyak. Salah konsep terbesar adalah katalis tidak ikut bereaksi dengan PK sebesar 27 68%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21798

Actions (login required)

View Item View Item