Pengembangan bahan ajar pengayaan IPA untuk pembelajaran IPS secara terpadu dengan tema global warming (pemanasan global) untuk siswa SMP kelas VIII / Fitriana Primarianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pengayaan IPA untuk pembelajaran IPS secara terpadu dengan tema global warming (pemanasan global) untuk siswa SMP kelas VIII / Fitriana Primarianti

Primarianti, Fitriana (2010) Pengembangan bahan ajar pengayaan IPA untuk pembelajaran IPS secara terpadu dengan tema global warming (pemanasan global) untuk siswa SMP kelas VIII / Fitriana Primarianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar pengayaan IPA terpadu global warming Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada anak. Bahan Ajar untuk Pembelajaran IPA secara Terpadu disusun sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik. Bahan Ajar untuk Pembelajaran IPA secara Terpadu mengandung beberapa bidang kajian yang dipadukan dalam suatu tema. Bidang kajian yang dipadukan tersebut memiliki keterkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar pengayaan IPA untuk pembelajaran IPA secara terpadu dengan tema Global Warming untuk siswa kelas VIII dan mengetahui validitas bahan ajar pengayaan IPA untuk pembelajaran IPA secara terpadu dengan tema Global Warming untuk siswa kelas VIII. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan rancangan mengadaptasi model yang disarankan Borg dan Gall. Langkah-langkah pengembangan menurut Borg dan Gall adalah (1) research and information collecting (2) planning (3) develop preliminary form of product (4) preliminary field testing (5) main product revision (6) main field testing (7) operational product revision (8) operational field testing (9) final product revision and (10) dissemination and implementation. Penelitian pengembangan ini hanya sampai pada langkah ke-5. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner kelayakan untuk para penilai. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata kuesioner sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari tiga orang dosen dan dua orang guru IPA SMP Negeri 1 Wajak dan SMP Negeri 1 Turen selaku penilai atau evaluator. Bahan ajar hasil pengembangan terdiri dari 3 bagian yaitu bagian awal bagian isi dan bagian akhir. Masing-masing bagian mempunyai beberapa komponen. Bagian awal terdiri dari halaman muka/cover kata pengantar lembar SK dan KD daftar isi daftar gambar daftar tabel peta jaringan kompetensi dasar dan peta konsep Global Warming. Bagian isi terdiri dari bagian pendahuluan materi Global Warming kegiatan siswa soal diskusi info pengetahuan info tokoh/ilmuwan rangkuman dan evaluasi. Dan bagian akhir terdiri dari rangkuman soal-soal evaluasi dan daftar pustaka. Berdasarkan uji validasi bahan ajar pengayaan IPA diperoleh skor rata-rata 3 37 dengan persentase 83 43%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar pengayaan IPA bernilai valid dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item View Item