Pengaruh metode quantum learning berbasis mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada materi senyawa hidrokarbon tahun ajaran 2009/2010 / Martinus Tanggela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode quantum learning berbasis mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada materi senyawa hidrokarbon tahun ajaran 2009/2010 / Martinus Tanggela

Tanggela, Martinus (2010) Pengaruh metode quantum learning berbasis mind mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada materi senyawa hidrokarbon tahun ajaran 2009/2010 / Martinus Tanggela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Quantum Learning Mind Mapping Prestasi Belajar Hidrokarbon Kecenderungan pembelajaran dewasa ini telah bergeser ke arah pembelajaran yang kontruktivistik. Namun pembelajaran kontruktivistik belum sepenuhnya menggeser pembelajaran konvensional yang menempatkan siswa sebagai obyek dan bukan subyek belajar. Bagi sebagian siswa pelajaran kimia dirasakan sebagai beban sehingga menghambat pengalaman belajarnya. Semestinya pembelajaran yang baik adalah menyenangkan bermakna memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dan menyeluruh. Sehubungan dengan itu seyogyanya guru menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan menata lingkungan belajar yang menyenangkan. Quantum Learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang menarik karena memadukan antara berbagai sugesti positif dan interaksinya dengan lingkungan belajar siswa. Dalam penelitian ini metode Quantum Learning dipadukan dengan metode Mind Mapping. Mind Mapping adalah teknik meringkas bahan yang akan dipelajari dan memproyeksikan masalah yang dihadapi ke dalam bentuk peta atau teknik grafik sehingga lebih mudah memahaminya (Sugiarto 2004 75). Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari metode Quantum Learning berbasis Mind Mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada materi senyawa hidrokarbon. Penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Variabel terikat dalam penelitian adalah prestasi belajar siswa kelas X pada materi pokok senyawa hidrokarbon dan variabel bebasnya adalah metode Quantum Learning berbasis Mind Mapping. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang semester 2 tahun ajaran 2009/ 2010. Sampel penelitian di ambil 2 kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan berdasarkan purposive random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik kuantitatif dan deskriptif berdasarkan rubrik penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode Quantum Learning berbasis Mind Mapping terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang pada materi senyawa hidrokarbon tahun ajaran 2009/ 2010. Hal ini nampak dari perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan metode Quantum Learning berbasis Mind Mapping dan siswa yang diajar dengan metode Ceramah Bermakna. Rerata nilai prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode Quantum Learning berbasis Mind Mapping adalah 82 43. Rerata nilai tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan rerata nilai prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode Ceramah Bermakna yakni 72 29.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item