Pengaruh penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi dan motivasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwaru pada materi minyak bumi / Adhimas Wahyu Agung Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi dan motivasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwaru pada materi minyak bumi / Adhimas Wahyu Agung Wijaya

Wijaya, Adhimas Wahyu Agung (2010) Pengaruh penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi dan motivasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwaru pada materi minyak bumi / Adhimas Wahyu Agung Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran kooperatif STAD peta konsep prestasi belajar kimia motivasi belajar kimia minyak bumi. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan penggunaan variasi dan inovasi model pembelajaran sehingga terjadi pembelajaran yang efektif. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD-Peta Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh peta konsep dalam model pembelajaran kooperatif STAD terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Kedungwaru pada materi pokok minyak bumi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design) dan deskriptif kuantitatif. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD-Peta Konsep dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungwaru tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pertimbangan sehingga diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X-C (kelas eksperimen) dan kelas X-B (kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pembelajaran (silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dan kuis) dan instrumen pengukuran (lembar observasi tes dan angket motivasi). Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Instrumen pengukuran hasil belajar mempunyai tingkat realibilitas 0 881. Hasil penelitian menunjukan penggunaan peta konsep dalam model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen 86 41 lebih baik dibanding nilai ratarata kelas kontrol yaitu 77 05. Selain itu diperoleh nilai thitung (4 563) dan nilai ttabel (1 685) atau thitung ttabel. Penggunaan model pembelajaran kooperatif STADPeta Konsep dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari kriteria motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang sangat termotivasi dan termotivasi berturut-turut adalah 53 85% dan 46 15% lebih baik daripada kelas kontrol berturut-turut adalah 33 33% dan 66 67%. Selain itu diperoleh nilai thitung (2.842) dan nilai ttabel (1 685) atau thitung ttabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21793

Actions (login required)

View Item View Item