Studi pemahaman fenomena pemanasan global (Global Warming) siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2009/2010 / Umi Nurhidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman fenomena pemanasan global (Global Warming) siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2009/2010 / Umi Nurhidayah

Nurhidayah, Umi (2010) Studi pemahaman fenomena pemanasan global (Global Warming) siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2009/2010 / Umi Nurhidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman pemanasan global (global warming) Ilmu kimia merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam mempelajari lingkungan hidup karena dalam lingkungan hidup selalu ada bahan-bahan kimia dan peristiwa-peristiwa kimia. Kehadiran bahan-bahan kimia di dalam lingkungan hidup di samping meningkatkan terpenuhinya berbagai kebutuhan hidup manusia juga dapat menimbulkan masalah salah satunya adalah masalah pemanasan global. Berbagai media seperti internet televisi surat kabar dan radio juga marak membicarakan hal ini. Dalam KTSP masalah pemanasan global tidak dibahas secara terperinci. Hal ini mungkin akan berdampak terhadap kurangnya pemahaman siswa mengenai fenomena pemanasan global yang selanjutnya akan berdampak terhadap kurangnya kepedulian siswa mengenai masalah yang berkaitan dengan pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pemahaman siswa terhadap gas rumah kaca (2) pemahaman siswa terhadap efek rumah kaca (3) pemahaman siswa terhadap penyebab pemanasan global (4) pemahaman siswa terhadap dampak pemanasan global (5) pemahaman siswa terhadap penanggulangan pemanasan global (6) kesulitan siswa dalam memahami fenomena pemanasan global. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Maarif Singosari tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 61 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes objektif sebanyak 20 butir soal dengan validitas isi 100% dan reliabilitas yang dihitung dengan persamaan Kuder Richardson-20 sebesar 0 64. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa terhadap gas rumah kaca termasuk dalam kategori rendah (2) pemahaman siswa terhadap efek rumah kaca termasuk dalam kategori rendah (3) pemahaman siswa terhadap penyebab pemanasan global termasuk dalam kategori tinggi (4) pemahaman siswa terhadap dampak pemanasan global termasuk dalam kategori sangat tinggi (5) pemahaman siswa terhadap penanggulangan pemanasan global termasuk dalam kategori tinggi (6) kesulitan siswa dalam memahami fenomena pemanasan global terletak pada (a) siswa menganggap gas nitrogen gas hidrogen sulfida dan gas hidrogen sianida adalah gas rumah kaca (b) siswa menganggap bahwa efek rumah kaca alami sama dengan efek rumah kaca yang diakibatkan oleh peningkatan gas rumah kaca (c) siswa memahami sumber energi alternatif seperti biogas biofuel dan energi listrik tenaga surya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21788

Actions (login required)

View Item View Item