Studi pemahaman konsep materi dan perubahannya pada siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu / Ferry Budi Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman konsep materi dan perubahannya pada siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu / Ferry Budi Prasetya

Prasetya, Ferry Budi (2010) Studi pemahaman konsep materi dan perubahannya pada siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu / Ferry Budi Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman konsep materi dan perubahannya makroskopik Mikroskopik Kimia adalah salah satu bidang ilmu eksakta yang termuat di dalam KTSP SMA yang secara simultan dan terintegrasi mengkaji berbagai fenomena alam seperti susunan (komposisi) struktur sifat perubahan materi yang melibatkan reaksi-reaksi kimia serta energi yang menyertainya. Kajian-kajian kimia tersebut umumnya terdiri atas konsep-konsep yang berjenjang dan berkaitan dengan konsep lainnya sehingga untuk memahami konsep yang kompleks perlu pemahaman yang benar dan tepat terhadap konsep-konsep sederhana yang mendasarinya. Konsep-konsep ilmu kimia mayoritas juga bersifat abstrak yang memiliki skala mikroskopik dan sulit untuk diinderakan serta melibatkan perhitungan matematika. Oleh karena itu dimungkinkan siswa mengalami hambatan dalam mempelajari kimia. Ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep-konsep kimia akan mengakibatkan masalah yang luas dalam mempelajari konsep-konsep ilmu kimia secara umum serta dapat menimbulkan kesenjangan antara pengetahuan konseptual siswa dengan keterampilannya dalam memecahkan soal. Salah satu konsep penting dalam kimia dan memerlukan pemahaman pada tingkat makroskopik dan mikroskopik dengan baik adalah materi dan perubahannya. SMA Negeri 1 Batu merupakan tempat peneliti melakukan penelitian. SMA tersebut merupakan salah satu sekolah berstatus RSBI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu pada konsep materi dan perubahannya (2) hubungan antara pemahaman siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu pada konsep materi dan perubahannya untuk tingkat makroskopik dan mikroskopik dan (3) kesalahan-kesalahan konsep yang dialami siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu tahun ajaran 2010/2011. Instrumen yang digunakan berupa multiple-choice two-tier sebanyak 24 butir soal. Berdasarkan hasil validasi isi dan uji coba instrumen tersebut memiliki validitas sebesar 94 44% dan reliabilitas tes sebesar 0 711 yang dihitung menggunakan SPSS 16 for Windows. Data penelitian berupa persentase pemahaman dan kesalahan-kesalahan konsep siswa pada konsep materi dan perubahannya yang diperoleh melalui analisis data perbandingan jumlah siswa yang menjawab benar dengan jumlah siswa secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu pada konsep materi dan perubahannya tergolong sedang (54 02%) (2) pemahaman siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu pada konsep materi dan perubahannya untuk tingkat makroskopik (55 28%) ii lebih baik daripada tingkat mikroskopik (49 31%) dan (3) kesalahan-kesalahan konsep yang dialami siswa kelas XII IPA 1 dan IPA 4 SMA Negeri 1 Batu yaitu partikel padatan (paku) berwarna hitam keras dan tidak bergerak (5 00%) partikel air berwarna putih dan bersifat lentur sehingga dapat bergerak (6 67%) partikel gas dalam balon bukan termasuk materi karena tidak berwarna dan tidak terlihat (5 00%) senyawa berasal dari gabungan atom-atom yang berbeda tanpa terjadi interaksi kimia diantara atom-atomnya (1 67%) partikel kamper mengecil (36 67%) dan menghilang ke udara (3 33%) saat terjadi proses penyubliman partikel air menghilang ke udara (10 00%) dan mengecil (18 33%) dalam peristiwa penguapan partikel es terselubung oleh lapisan tertentu (3 33%) dan mengecil saat es mencair (10 00%) gelembung-gelembung yang dihasilkan pada proses penguraian air adalah uap air (26 67%) siswa menganggap hanya terjadi perubahan warna (5 00%) pada perkaratan besi dan tidak terbentuk zat baru karena memiliki wujud yang tetap yaitu padatan (13 33%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item