Keterlaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-kimia serta kendala-kendala yang dihadapi guru di SMP/MTs negeri se-kabupaten Pamekasan / Enny Musrifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterlaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-kimia serta kendala-kendala yang dihadapi guru di SMP/MTs negeri se-kabupaten Pamekasan / Enny Musrifah

Musrifah, Enny (2010) Keterlaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-kimia serta kendala-kendala yang dihadapi guru di SMP/MTs negeri se-kabupaten Pamekasan / Enny Musrifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci penilaian hasil belajar pembelajaran IPA-Kimia kendala. Salah satu aspek yang penting dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah sistem penilaian yang disempurnakan dari kurikulum sebelumnya. Informasi yang didapat dari proses penilaian tidak saja penting untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa tetapi juga untuk mengukur efektifitas kegiatan pembelajaran. Dalam KTSP terdapat materi IPA-Kimia yang tergabung dalam bidang studi IPA. Peningkatan porsi materi kimia dalam kurikulum SMP/MTs membuat sebagian sekolah merasa tidak siap karena diantaranya belum mempunyai guru IPA-Kimia. Selain itu sebagian guru merasa kesulitan dalam melaksanakan penilaian hasil belajar siswa yang mengacu pada KTSP. Penilaian dalam KTSP diukur dari 3 aspek yaitu aspek kognitif aspek afektif dan aspek psikomotorik. Hal ini menjadi hal yang baru bagi guru karena pada paradigma lama guru lebih mengedepankan aspek kognitif akibatnya aspek afektif dan aspek psikomotorik cenderung terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-Kimia ditinjau dari persiapan sebelum dilakukan penilaian hasil belajar pelaksanaan penilaian hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran IPA-Kimia di SMP/MTs Negeri se-Kabupaten Pamekasan dan (2) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru IPA-Kimia dalam melaksanakan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-Kimia di SMP/MTs Negeri se-Kabupaten Pamekasan. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA-Kimia dan/atau guru yang mengajar bidang studi IPA-Kimia di SMP/MTs Negeri se-Kabupaten Pamekasan tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel adalah purposive area sampling. Sampel penelitian berjumlah 47 guru. Data diambil dengan instrumen angket dan dokumentasi wawancara terstruktur serta observasi untuk menguatkan data yang diperoleh dari angket. Sebelum disebarkan angket divalidasi terlebih dahulu dan diperoleh tingkat validasi sebesar 94%. Data yang diperoleh pada tiap-tiap item jawaban diberi bobot dengan mengacu pada kriteria penyekoran angket. Skor yang diperoleh kemudian dihitung persentasenya yaitu dibagi dengan skor ideal kemudian hasilnya dikalikan 100%. Skor tiap item yang diperoleh diakumulasikan menjadi skor tiap deskriptor indikator dan tiap sub variabel dan hasilnya digolongkan berdasarkan klasifikasi tertentu. Hasil penelitian menunjukkan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-Kimia ditinjau dari persiapan sebelum dilakukan penilaian hasil belajar pelaksanaan penilaian hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran IPA-Kimia di SMP/MTs Negeri se-Kabupaten Pamekasan 1 sudah terlaksana dengan baik hal ini terlihat dari persiapan sebelum dilakukan penilaian hasil belajar yang sudah dilaksanakan dengan baik dengan persentase 78% pelaksanaan penilaian hasil belajar sebesar 78% dan ketuntasan hasil belajar yang juga sudah dilaksanakan dengan baik dengan persentase sebesar 78%. Kendala yang paling banyak dihadapi dalam melaksanakan penilaian hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA-Kimia di SMP/MTs Negeri se-Kabupaten Pamekasan dalam melakukan penilaian adalah kendala keterbatasan waktu jam mengajar guru yang terlalu banyak kesulitan melakukan penskoran instrumen kesulitan memilih berbagai jenis dan teknik penilaian serta sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai untuk kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item