Perbedaan prestasi dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan peta konsep dan diagram VEE dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan ceramah dan praktikum pada materi pokok koloid di SMA Negeri 1 Tumpang / Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan peta konsep dan diagram VEE dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan ceramah dan praktikum pada materi pokok koloid di SMA Negeri 1 Tumpang / Wijayanti

Wijayanti (2010) Perbedaan prestasi dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan peta konsep dan diagram VEE dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan ceramah dan praktikum pada materi pokok koloid di SMA Negeri 1 Tumpang / Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci peta konsep diagram Vee motivasi prestasi persepsi koloid Pembelajaran konstruktivistik merupakan pembelajaran yang tidak hanya memperhatikan hasil tetapi juga proses pembelajaran. Pembelajaran tersebut menekankan agar siswa aktif membangun sendiri konsep yang dipelajari selama pembelajaran berlangsung. Salah satu pendekatan pembelajaran yang bersifat konstruktivistik adalah strategi peta konsep dan diagram Vee. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee dengan yang dibelajarkan dengan metode ceramah dan praktikum serta mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (Quasy- Experimental Design) dan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tumpang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dan praktikum. Dari hasil uji coba ulangan harian koloid diperoleh 25 soal valid dengan tingkat realibilitas 0 891. Perbedaan prestasi dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji-t dua pihak sedangkan untuk memperoleh gambaran nyata tentang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee serta persepsi siswa dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan awal kedua kelas sama (2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan praktikum pada materi koloid. Prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dan diagram Vee lebih tinggi (84 63) daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah dan praktikum (82 34) (3) motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dan diagram Vee lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah dan praktikum pada materi koloid (4) persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee pada materi koloid sebagian besar adalah positif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep dan diagram Vee memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21778

Actions (login required)

View Item View Item