Pengembangan media pembelajaran online interaktif berbantuan facebook untuk materi termokimia kelas XI / Dian Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran online interaktif berbantuan facebook untuk materi termokimia kelas XI / Dian Novitasari

Novitasari, Dian (2010) Pengembangan media pembelajaran online interaktif berbantuan facebook untuk materi termokimia kelas XI / Dian Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Pembelajaran Online Facebook Termokimia. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi(TIK) saat ini mendapat sambutan positif dunia bidang pendidikan. Perkembangan komputer dan software pendukung dapat membantu dalam visualisasi benda-benda ataupun konsep abstrak. Sistem pembelajaran online merupakan salah satu terobosan teknologi informasi yang menawarkan fleksibilitas dalam sebuah sistem pembelajaran. Selain itu melalui media online sangat efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang bersifat terbuka Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang bersifat online. Salah satu media tersebut adalah facebook. Tujuan pengembangan ini adalah untuk memanfaatkan facebook sebagai sarana kolaborasi dalam dunia pembelajaran. Selain itu juga untuk mengetahui kefektifan interaksi yang terjadi pada pembelajaran online berbantuan facebook untuk materi termokimia. Materi yang dikembangkan adalah materi termokimia untuk kelas XI. Hal ini materi termokimia dinilai memiliki banyak konsep sukar melibatkan eksperimen hitungan dan hal-hal abstrak. Maka dibutuhkan terobosan baru dalam proses pembelajaran kimia sehingga dapat melakukan proses pembelajaran secara lebih mandiri fleksibel berpusat kepada siswa(student centered) kolaboratif terkelola dengan efektif dan efisien serta mendukung paradigma pembelajaran sepanjang hayat(life-long education). Bentuk pembelajaran melalui facebook yang dikembangkan untuk materi termokimia untuk SMA dengan memanfaatkan website blog yahoogroups virtual lab dan google sebagai program penunjangnya. Keunggulan facebook adalah dilengkapi fasilitas chatting yang memberikan kesan penunjang e-learning yang tidak dimiliki situs lain. Facebook ini merupakan tempat guru siswa dan para peminat termokimia berinteraksi di luar kelas. Facebook yang dikembangkan dapat digunakan siswa untuk belajar tanpa hadirnya guru atau instruktur dapat diakses siswa kapan saja dengan biaya relatif terjagkau dan dapat mendukung program jaringan berbasis teknologi informasi yang digalakkan pemerintah. Pengembangan facebook dilakukan dengan mengadopsi model pengembangan Dick and Carrey dengan penyesuaian yang diperlukan. Pengujian validitas menggunakan instrument berupa angket. Pengujian validitas meliputi uji validitas isi dan uji terbatas. Validator uji validitas isi adalah 1 orang dosen kimia sebagai ahli materi dan 1 orang dosen teknologi pembelajaran sebagai ahli media sedangkan validator uji terbatas adalah 1 orang guru kimia dari SMAN 3 Malang dan 2 orang siswa SMAN 8 Malang yang memiliki akun facebook. Setelah melelui tahap validasi media pembelajaran diperbaiki berdasarkan saran-saran yang diberikan validator. Data yang diperoleh ada dua jenis yaitu data dari validator dan data dari hasil uji coba. Teknik analisis dari validator dilakukan dengan menggunakan angket adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dari hasil angket. Sedangkan teknis analisis data dari hasil uji coba di analisis untuk mengetahui tingkat interaksi dilakukan melalui jumlah anggota yang bergabung jumlah komentar atau pertanyaan kulitas komentar responden setiap komentar maunpun diskusi dan interaksi didalamnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu media pembelajaran online berbantuan facebook untuk materi termokimia memiliki tingkat kelayakan tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli media yang dikembangkan adalah 100% (valid) dan ahli materi sebesar 76 25% (valid). Sedangkan hasil validasi kepada guru adalah 82.8125% (valid) dan kepada siswa sebesar 86.6% (valid). Dari data interaksi uji coba dapat dilihat bahwa siswa yang aktif sebanyak 11% (sekitar 41 orang) 17%(66 orang) jarang aktif dan sisanya 72%(303 orang) pasif (hanya sekedar join). Selain itu hasil observasi pada saat uji coba menunjukkan bahwa siswa termotivasi belajar termokimia dengan menggunakan media berbantuan facebook dan lebih mudah dalam memahami materi tersebut terlihat dari kualitas pertanyaan maupun komentar yang masuk. Secara umum media pembelajaran online berbantuan facebook layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk guru-guru disekolah di sekolah. Tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi yaitu keterbatasan dari situs facebook dalam menjaring informasi karena bersifat terbuka sehingga komentar bebas masuk dari siapapun termasuk pihak-pihak yang mengarah ke sesuatu yang tidak jelas atau diluar topik utama. Selain itu tidak menutup kemungkinan bagi siswa yang pasif turut membaca walupun tidak menuliskan atau mengungkapkan hasil belajarnya. Hal inilah adalah salah satu keterbatasan dari peneliti karena belum bisa menelusuri siswa yang pasif tersebut sehingga diharapkan ada tindak lanjut dari peneliti berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21776

Actions (login required)

View Item View Item