Perbedaan keefektifan metode pembelajaran kelompo dan metode pembelajaran ceramah bermakna untuk konsep hidrokarbon pada siswa kelas I Madrasah aliyah Khairuddin Gondanglegi Malang oleh Isma Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan keefektifan metode pembelajaran kelompo dan metode pembelajaran ceramah bermakna untuk konsep hidrokarbon pada siswa kelas I Madrasah aliyah Khairuddin Gondanglegi Malang oleh Isma Mufidah

Mufidah, Isma (2010) Perbedaan keefektifan metode pembelajaran kelompo dan metode pembelajaran ceramah bermakna untuk konsep hidrokarbon pada siswa kelas I Madrasah aliyah Khairuddin Gondanglegi Malang oleh Isma Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualilasp rosesb elajar-rnengabjaers arp enganrhnylear hadapp.e ncapaian hasilb elaiars isuraK egiatani ni dikatakanb erhasila prbilahasilb elajl yangd icapai olehs iswas esuadi errgatnu juanp embelajarayna ngt elahd itetapkanU. ntukm encapai tujuanp emhelajaralinr sebt t clipcrltrkanm elodep embelainrrnya ngt epat D i anlara sejumlahm etodep embela.iarayna ngt elahd ikenalp adaw aktuj ni dikenalm etode belajark elompokc lanr r.clcCec eramahb ermtkna.S alahs atuk onsepy nngd iajarkan di krlas I MadrasahA liyah se uaid enganG aris-garisB esarP rogmmP engajaran (GBPPm) ala pnlajarank ir riak uikulum sMU 994 adalahh itlrokarbonK. onsep iersebtdit iajarkand i kelasI semesleILr Padaw aktup enelilianin i akand ilakukan belump ernahc ligunakamn cludeb elajark elompokd anm elodec elamahb ernraknad i MadraiahA liyahK hairuddinG ondangleg(Mi alang)o. leh karenait u dilakukan penelitiany anghertuiuanrm tukm engelahupi erbedaakne el cLtilnnc li anlarak ecltn metodete rsebuut ntukk onseph idrokarbon. Rancangntnla lemp enelitianin i berupap etlakttanp lda drrak elomgroski srva. Duak elompoks iswa( l-A danI -B) dilenlukand enganc arad igndi.S alahs atuk elas l-A (31 sisrva)d iajard engann etodeb elajark elompokd ank elas l-B (32 sis rvad) iajar denganm elodec eramabhe rmaknaD. alak emampuaanr vals isrvad iambild arin ilai rapork imia semesteLr sedangkand atah asilb elajars iswad iperolehd engan minggunakanin strumenp engukuhr asilb elajarb erupas eperangkasto alk onsep hjdroliarbony anglerdiri dari duab agiany aitu BagianI (15 butir soaljarutban pendekd) anB agianI I (30 butir soalp rlihang anda)y angk hususd isusuno lehp eneliti setelahd ilnkukanu ji cobas atuk ali. Analisisd atad ilakukardre nganu ji Anavad uajalurd enganb anluan PSS6 .0 selanjutnyad atal ersebutd ideskripsikanu ntuli memperolehg ambaranle ntang perbedaakne efektifana ntaram elod p embelajarakne lompokd anm elode pembelajaracn mmahb ermaknuan tukk onseph idrokarbonl .l asilp enelitian menunjukkabna hwah asilb elajakr imias iswak elas (semestellr) MadrasaAh liyah KhnjnrddinG ondangleg(iM nlang) b rik yirngb erkemnmpuma walt inggj maupun yangb erkemampuaanw ali endahy angd iajard enganm etodek elompgkd anm etode iera-mabhe rmaknma enunjukkapne rbednayntu rgs ignilikanI. lal ini dapatd ilihatc hrri nilais ignikansyia ngk urangd ari0 05.B erdasarkadna lak eaki ans is rvyira ng diperolihd arib anyaknyas isway angb erpartisipasdia lamm enjarvabd anm enanggapi pertanyaagnu mc lapadt isimpulkabna hwak eaktifans iswale bihs eringte rjadid alam pembeiaiarad-ne nganm etodeb elajark elompok.D ari hasil uji Anavad uaj alur diperoleshk orr ata-ratam elodep embelajarakne lompoks ebesa7r 5 28d ans korr atare10ce ramabhe rmaknas ebesa5r 4 38.D nri hnsilp enelitiant crsebudt aperl disimpulkabna hwam etodep embelajarakne lompokl ebih efektif dibandingkan metodpee mbelajaracne ramalD erm aknaS. ehubungndne nganh asilp enelitianin i dapadt ikemukakasna rana gaL( 1 ) guruk imia di sekolahy angb ersangkulamn encoba menggrmakmane todep embelqaranke lompokd alamm elaksanali taung asnya( 2 ) bagpi enelitlia iny arrgb erminamt elakukapne nelitianya ngs erupad apamt encoba menggunakmane todep embela ja rank elo mpnku ntukk onsep lani .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item View Item