Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP / Dhila Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP / Dhila Rahmawati

Rahmawati, Dhila (2015) Pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP / Dhila Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmawati Dhila. 2015. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Keterampilan Sosial Tingkat Lanjut bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany M. Handarini. M.A (II) Irene Maya Simon. S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengembangan keterampilan sosial tingkat lanjut SLA Berdasarkan fenomena yang terjadi pada anak usia SMP ditemukan bahwa banyak anak yang mengalami masalah kurangnya keterampilan sosial tingkat lanjut. Terbukti ketika siswa meminta tolong tidak memiliki keterampilan sehingga terkesan tidak mempunyai sopan santun. Fakta lain ketika guru memberikan tugas siswa meminta keringanan tugas. Hal itu membuktikan siswa kurang bisa mengikuti instruksi yang diberikan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP. Panduan pelatihan keterampilan sosial ini terdiri dari tiga produk yaitu buku panduan konselor buku panduan siswa dan buku materi pelatihan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall (1983) sebagai acuannya. Pengembangan buku panduan ini secara prosedural melalui 3 tahap yaitu tahap perencanaan tahap pengembangan produk dan tahap uji coba. Uji coba dilakukan oleh 3 orang ahli bimbingan dan konseling dan 3 orang ahli calon pengguna produk (konselor). Data yang dikumpulkan dengan menggunakan skala penilaian akseptabilitas yaitu untuk mengetahui kegunaan kelayakan ketepatan dan kepatutan panduan. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan Inter-rater agreementdan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis yang diperoleh dari hasil data uji ahli dan uji pengguna produk (konselor) menunjukkan bahwa buku panduan keterampilan sosial tingkat lanjut bagi siswa SMP yang meliputi buku panduan konselor buku panduan siswa dan buku materi memenuhi kriteria dan layak untuk dilatihkan kepada siswa SMP sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.Pada penilaian uji ahli dan uji calon pengguna mengenai aspek yang diujikan secara umummemperoleh hasil bahwa buku panduan sangat berguna sangat layak tepat dan sangat patut untuk digunakan oleh konselor maupun oleh siswa SMP. Oleh karena itu buku panduan pelatihan keterampilan sosial tingkat lanjut ini layak untuk di adaptasi sebagai media pembelajaran dalam bimbingan dan konseling guna mencapai perkembangan siswa yang optimal. Berdasarkan uraian di atas disarankan pada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifitasan produk sehingga produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh konselor maupun siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item