Studi kemampuan siswa SMA Negeri 01 Gondanglegi Malang tahun ajaran 2009/2010 dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konseptual dan algoritma pada materi hukum-hukum dasar kimia / Nanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kemampuan siswa SMA Negeri 01 Gondanglegi Malang tahun ajaran 2009/2010 dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konseptual dan algoritma pada materi hukum-hukum dasar kimia / Nanik

Nanik (2010) Studi kemampuan siswa SMA Negeri 01 Gondanglegi Malang tahun ajaran 2009/2010 dalam menyelesaikan soal-soal pemahaman konseptual dan algoritma pada materi hukum-hukum dasar kimia / Nanik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemahaman Konseptual Algoritma Hukum-Hukum Dasar Kimia. Ilmu kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Banyak konsep dalam ilmu kimia bersifat abstrak dan siswa tidak selalu dapat menghubungkan konsep pada pokok bahasan tertentu dengan pengalaman belajar yang dimilikinya. Pemahaman konseptual dan algoritma merupakan pemahaman yang harus dimiliki siswa untuk dapat belajar kimia dengan baik dan benar. Materi kimia yang mencakup kedua pemahaman tersebut adalah materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Berdasarkan hal tersebut tujuan dalam penelitian adalah (1) untuk mengetahui persentase siswa SMA kelas X yang dapat menjawab pertanyaan konseptual dan algoritma dengan benar dapat menjawab pertanyaan konseptual dengan benar tetapi salah dalam menjawab pertanyaan algoritma salah dalam menjawab pertanyaan konseptual tetapi benar dalam menjawab pertanyaan algoritma dan tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual maupun algoritma untuk materi Hukum-Hukum Dasar Kimia (2) untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dapat menyebabkan siswa tidak dapat menyelesaikan pertanyaan konseptual dan algoritma dengan benar pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondanglegi Malang tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian adalah siswa kelas X-G yang dipilih berdasarkan data nilai rata-rata ujian Akhir semester Ganjil 2009/2010. Instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis tingkat kesukaran daya beda validitas dan realibilitasnya. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan persentase siswa yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan pada masing-masing kategori. Selanjutnya dianalisis letak kesalahan yang dilakukan siswa sehingga tidak dapat menjawab dengan benar pertanyaan konseptual maupun algoritma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 30 88 % siswa dapat menjawab dengan benar pertanyaan konseptual maupun algoritma 22 94 % siswa dapat menjawab dengan benar pertanyaan konseptual tetapi salah dalam menjawab pertanyaan algoritma 28 24 % siswa salah dalam menjawab pertanyaan konseptual tetapi benar dalam menjawab pertanyaan algoritma dan sebesar 17 94 % siswa tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual maupun algoritma. Siswa mengalami kesalahan dalam memahami hubungan antar konsep dan prosedur matematis untuk memperoleh suatu jawaban. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar pemahaman konseptual dan algoritma siswa lebih diperhatikan lagi secara proporsional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item View Item