Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kepanjen pada pokok bahasan hidrolisis garam / Nikmatul Islamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kepanjen pada pokok bahasan hidrolisis garam / Nikmatul Islamiyah

Islamiyah, Nikmatul (2010) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kepanjen pada pokok bahasan hidrolisis garam / Nikmatul Islamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Islamiyah Nikmatul. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kepanjen pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Dasna M.Si M.Ed. (II) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. Kata kunci kimia inkuiri terbimbing kemampuan berpikir tingkat tinggi hasil belajar. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Salah satunya penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menekankan proses pembelajaran konstruktivistik. Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa sangat dianjurkan dalam pembelajaran di kelas sebagai usaha peningkatan kualitas pembelajaran sebagaimana pembelajaran Kimia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan hasil belajar kognitif mendeskripsikan hasil belajar psikomotorik afektif dan mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kepanjen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran ekspositori verifikatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Posttest Only Control Design dan rancangan deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kepanjen. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori verifikatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Sesuai tujuan penelitian analisis data dilakukan dengan Uji t . Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dideskripsikan dengan menghitung persentase kemampuan siswa menjawab soal pada tingkat berpikir C4-C5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing 93 3% dan tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran ekspositori verifikatif (nilai thitung 0 614 ttabel 1 997). Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelompok atas kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol (nilai thitung 2 234 ttabel 1 697) dan tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif antara kelompok bawah kelas eksperimen dan kelas kontrol (nilai thitung -0 405 ttabel 2 042). Hasil Belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar psikomotorik dan afektif kelas eksperimen berturut-turut 87 46 dan 85 65 sedang pada kelas kontrol 84 05 dan 82 35. Persentase nilai psikomotorik dan afektif siswa yang termasuk dalam kriteria sangat baik pada kelas eksperimen secara berturut-turut 42 42% dan 54 55% lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya 32 35% dan 41 18%. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini dapat diketahui dari perbedaan persentase siswa kemampuan mengerjakan soal dengan tingkat berpikir tinggi C4-C5. Siswa kelas eksperimen yang dapat menjawab soal C4-C5 sebanyak 74 74% sedang kelas kontrol hanya 62 24.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21761

Actions (login required)

View Item View Item