Keefektivan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMA Negeri 1 Kandangan / Eva Norisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMA Negeri 1 Kandangan / Eva Norisa

Norisa, Eva (2015) Keefektivan teknik problem solving untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMA Negeri 1 Kandangan / Eva Norisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Norisa Eva. 2015. Efektivitas Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd (II) Dr. IM Hambali M.Pd Kata kunci problem solving keputusan karier karier Siswa SMA merupakan individu yang berada pada masa remaja akhir. Salah satu tugas perkembangan siswa SMA adalah mampu membuat keputusan serius salah satunya dalam hal karier. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari kemampuannya bakat minat potensi dan kekuranganya. Untuk membantu siswa agar mencapai kematangan dalam bidang karier diperlukan suatu layanan bimbingan karier yang dapat membantu siswa dalam mengambil keputusan karier salah satunya dengan pelatihan teknik problem solving.Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat pengambilan keputusan karier siswa SMA Negeri 1 Kandangan (2) Apakah teknik problem solving efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karier pada siswa SMA Negeri 1 Kandangan Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan menggunakan metode one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 4 di SMA Negeri 1 Kandangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengambilan keputusan karier. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari pelatihan teknik problem solving terhadap peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMA. Hal ini dinyatakan dalam perhitungan uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikansi 0 005 dimana lebih kecil dari 0 05 dengan diperoleh angka Z- 2.816 dimana lebih besar dari 1 96 (standar Ztabel). Sehingga dapat diartikan bahwa ada perubahan tingkat kemampuan pengambilan keputusan karier siswa SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik problem solving efektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan karier siswa. hal tersebut ditunjukkan melalui adanya peningkatan kemampuan pengambilan keputusan karier pada saat sebelum dan sesudah diberikan treatment. Adapun saran bagi sekolah dapat dijadikan rujukan mengenai layanan bimbingan dan konseling. Bagi konselor dapat digunakan sebagai salah satu layanan bimbingan dan konseling dan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item View Item