Identifikasi Pemahaman Dan Penerapan Konsep Metode Ilmiah Pada Siswa Kelas 2 SMAN dan AMAN 9 Malang Tahun Ajaran 2003 / 2004 Oleh Tri Novi Hendriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi Pemahaman Dan Penerapan Konsep Metode Ilmiah Pada Siswa Kelas 2 SMAN dan AMAN 9 Malang Tahun Ajaran 2003 / 2004 Oleh Tri Novi Hendriyani

Hendriyani, Tri Novita (2010) Identifikasi Pemahaman Dan Penerapan Konsep Metode Ilmiah Pada Siswa Kelas 2 SMAN dan AMAN 9 Malang Tahun Ajaran 2003 / 2004 Oleh Tri Novi Hendriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerja ilmiah merupakan bagiur yang tidak terpisahkan dalam kurikulum 2004. Materi ini merupakan materi baru sehingga perlu diketahui sejauh mana pemahamadna n kemampuans iswam enerapkank onsepm etodei lmiah. Penelitian ini bertujuan untuk (l) mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas 2 terhadap konsep metode ilrniah (2) mengetahui kemampuan siswa kelas 2 dalun menerapkank onsepm etode ilmiah. Penelitian ini bersifat deskriptif (survei). Populasi dalam penelitian iru adalah siswa kelas 2 SMAN 5 yang berjumlah 329 dan SMAN 9 Malang yang bedumlah2 46 sehinggaju mlah populasi adalah5 75 orang. Dari populasiy ang bersifat homogen diambil sampel secara tidak acak yaitu dengan tdolk purposive sampling atau teknik sampel bertujuan sebanyak 163 orang. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner yang berupa tes obyektif sebanyak 20 butir soal cheklist sebanyak3 butir soal dan essays ebanyak7 soal. Sebelumi nstrumend igunakan dilalmkan validasi isi oleh tiga validator. Hasil penelitianm enunjukkan bahwa( l ) 3 o/os iswam emiliki pemahaman konsepm etodei lmiah sangatb aik (2) 32 % siswa memiliki pemahamany ang baik terhadapk onsepm etodei lmiah (3) 54 % siswam emiliki pemahamany ang cukupt erhadapk onsepm etodei lmiah (4)11 7o siswam emiliki pemahamany ang kurang terhadap konsep metode ihniah dan (4) 0 % siswa memiliki pemahaman yang sangat kuang terhadap konsep metode ilmiah sedangkan untuk kemampuan siswad alamm enerapkank onsepm etodei lrniah diperoleh (l)l o/os iswam emiliki kemampuan yang sangat baik (2) 5 7o siswa memiliki kemampuan yang baik (3) l0 o/o siswa memiliki kemampuan cukup (4) 25 o/o siswa meiniliki kemampuan yang kurang dan (5) 59 %o siswa memiliki kemampuan yang sangat kurang dalam menerapkank onsepm etode ilmiah. Berdasarkanh al tersebutd apat disimpulkan bahwa secara urnum pemahaman siswa terhadap metode ilniah adalah cukup tetapik emampuans iswad alamm enerapkank onsepm etodei lmiah sangatk urang atau kurang sekali. Untuk melaksanakan kurikulum 2004 maka perlu penekanan terhadapm etodei lrniah daup enerapannydaa lamp rosesp embelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item View Item