Analisis pemahaman reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Aisah Agus Iriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Aisah Agus Iriyanti

Iriyanti, Aisah Agus (2010) Analisis pemahaman reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Aisah Agus Iriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia untuk sebagian siswa masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Hal ini berkaitan dengan karakteristik dari ilmu kimia itu sendiri yang salah satunya adalah sebagian besar konsep kimia bersifat abstrak. Reaksi kimia merupakan suatu konsep kimia yang bersifat abstrak yang memerlukan pemahaman sampai pada tingkat molekuler atau mikroskopik. Untuk memahami reaksi kimia tidak hanya dibutuhkan pemahaman makroskopik saja tetapi juga pemahaman mikroskopik. Pemahaman makroskopik dapat diperoleh melalui percobaan sedangkan pemahaman mikroskopik dapat dibantu dengan bantuan model yaitu melalui gambaran mikroskopik. SMA Negeri 5 Malang merupakan tempat peneliti melakukan penelitian. SMA ini merupakan salah satu sekolah berstatus RSBI. Pada sekolah berstatus RSBI ada beberapa macam sistem evaluasi untuk mengukur prestasi belajar siswa yaitu Ujian sekolah Ujian Nasional Ujian RSBI dan Ujian Sertifikasi. Untuk persiapan menghadapi ujian-ujian tersebut pada proses pengajaran latihan-latihan soal serta ulangan perlu diberikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) Pemahaman reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik pada siswa kelas XI IPA SMA (2) Kesalahan apa saja yang dialami siswa kelas XI IPA SMA dalam menyelesaikan soal pemahaman reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik (3) Kemampuan siswa kelas XI IPA SMA dalam menyelesaikan soal-soal dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada materi reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA3 dan XI IPA4 yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling kelompok (cluster). Data penelitian ini adalah persentase siswa yang menjawab benar soal-soal yang berkaitan dengan reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik yang diberikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes obyektif sebanyak 27 butir soal. Berdasarkan hasil uji coba instrumen tersebut memiliki validitas isi sebesar 92 6% dan reliabilitas tes yang dihitung dengan persamaan Kuder Richardson-20 sebesar 0 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang mengenai reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik adalah (a) Pemahaman siswa dalam mengidentifikasi tanda-tanda reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik termasuk dalam kriteria sangat tinggi (b) Pemahaman siswa dalam memahami reaksi penggabungan melalui gambaran mikroskopik termasuk dalam kriteria tinggi (c) Pemahaman siswa dalam memahami reaksi pembakaran melalui gambaran mikroskopik termasuk dalam kriteria tinggi (d) Pemahaman siswa dalam memahami reaksi dekomposisi melalui gambaran mikroskopik termasuk dalam kriteria tinggi (e) Pemahaman siswa dalam memahami reaksi pendesakan melalui gambaran mikroskopik termasuk dalam kriteria sangat rendah (f) Pemahaman siswa dalam memahami reaksi uraian berganda melalui gambaran mikroskopik termasuk dalam kriteria sangat rendah. (2) Kesalahan yang dialami siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang dalam menyelesaikan soal pemahaman reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik disebabkan karena (a) siswa menganggap bahwa jumlah molekul sama dengan koefisien reaksi (b) Siswa tidak memahami konsep dasar dari larutan elektrolit yaitu konsep disosiasi atau ionisasi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memberikan gambaran mikroskopik yang tepat untuk menunjukkan perbedaan antara elektrolit kuat elektrolit lemah dan nonelektrolit di dalam larutan (c) siswa tidak dapat mengidentifikasi adanya reaktan berlebih (d) siswa tidak dapat memahami pembentukan endapan dan gas setelah reaksi. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Malang dalam menyelesaikan soal berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris mengenai reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak mengalami kendala bahasa dalam menyelesaikan soal-soal mengenai reaksi kimia melalui gambaran mikroskopik walaupun pemahaman siswa mengenai reaksi kimia ini masih termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item View Item