Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok konsep reaksi redoks di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ida Riani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok konsep reaksi redoks di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ida Riani

Riani, Ida (2010) Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok konsep reaksi redoks di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010 / Ida Riani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riani Ida. 2009 Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Konsep Reaksi Redoks di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2009/2010 . Skripsi Program Study Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Darsono Sigit M.pd (II) Dra Hayuni Retno Widarti M.Si. Kata Kunci Learning Cycle Prestasi Belajar Reaksi Redoks Kualitas pendidikan saat ini menjadi masalah yang banyak dibahas oleh para ahli pendidikan. Guru menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran selain dilihat dari siswa kurikulum sarana-prasarana pembelajaran dan juga manajemen sekolah secara menyeluruh selama ini guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan pendekatan behavioristik sehingga guru dituntut untuk menggunakan strategi pembelajaran yang tepat agar prestasi belajar siswa dapat tercapai. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan konstruktivistik yang mana siswa harus dapat membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang bersifat kontruktivistik adalah learning cycle. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa kelas learning cycle melalui lesson study dengan prestasi belajar kelas ceramah bermakna melalui lesson study mengetahui keaktifan dan ketrampilan siswa saat mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran learning cycle melalui lesson study mengetahui tanggapan dan ketertarikan siswa terhadap model pembelajaran learning cycle dan lesson study. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMA Laboratorium UM dengan sampel siswa kelas X3 dan X5 dengan materi pokok reaksi redoks. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Instrument dalam penelitian berupa angket lembar observasi dan soal evaluasi. Uji instrument yang dilakukan antara lain uji validitas soal reliabilitas soal tingkata kesukaran dan daya beda. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata uji hipotesis dengan U Mann-Whitey menggunakan bantuan SPSS versi16.0 dan analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran learning cycle melalui lesson study dengan yang diajar dengan ceramah bermakna melalui lesson study. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan learning cycle sebesar 70 06 sedangkan yang diajar dengan ceramah bermakna sebesar 60 11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle melalui lesson study lebih baik daripada yang diajar dengan ceramah bermakna melalui lesson study. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menjadi meningkat. Ketrampilan siswa dalam kerja laboratorium sangat baik. Sikap siswa terhadap penggunaan model pembelajaran learning cycle dan lesson study juga positif. Kinerja guru juga meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21755

Actions (login required)

View Item View Item