Wahyunita, Tyan Dini (2010) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia pada materi bahan kimia di sekitar kita dan narkoba untuk kelas VIII SMP-BI dengan menggunakan strategi react / Tyan Dini Wahyunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyunita Tyan Dini. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Pada Materi Bahan Kimia di Sekitar Kita dan Narkoba Untuk Kelas VIII SMP-BI Dengan Menggunakan Strategi REACT. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd. (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Kata kunci perangkat pembelajaran bahan kimia di sekitar kita dan narkoba strategi REACT. Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) tingkat SMP mulai dirintis tahun 2007. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu pedoman penyelenggaraan SBI mengacu pada pola atau sistem pendidikan dari negara negara maju. Dengan demikian paradigma pembelajaran pendekatan pembelajaran model pembelajaran dan strategi pembelajaran yang dianut dan diterapkan harus bersifat lebih modern. Untuk mendukung terlaksananya beberapa hal tersebut diperlukan adanya pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat mengakomodasi komponen - komponen pembelajaran di SBI. Akan tetapi faktanya hal tersebut belum banyak dilakukan sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk SBI khususnya SMP dengan menggunakan strategi inovatif yaitu REACT. Strategi REACT adalah strategi yang dalam aplikasinya menerapkan lima tahap yang merupakan akronim dari REACT yaitu relating (mengaitkan) experiencing (mengalami) applying (menerapkan) cooperating (bekerja sama) dan transferring (memindahkan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbatas pada materi pokok Bahan Kimia Di Sekitar Kita dan Narkoba. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama merupakan Panduan Guru (Teacher s Guide) yang terdiri atas Silabus dan Sistem Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Instrumen penilaian serta Buku Guru (Teacher s Book). Bagian kedua adalah Buku Siswa (Student s Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah survei kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis perhitungan persentase skor item kuesioner. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 86 70% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21744 |
Actions (login required)
View Item |