Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan strategi react untuk SMP bertaraf internasional pada materi pokok unsur, senyawa, campuran dan pemisahan campuran / Sucahyono Adhi R - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan strategi react untuk SMP bertaraf internasional pada materi pokok unsur, senyawa, campuran dan pemisahan campuran / Sucahyono Adhi R

Adhi R, Sucahyono (2010) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan strategi react untuk SMP bertaraf internasional pada materi pokok unsur, senyawa, campuran dan pemisahan campuran / Sucahyono Adhi R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adhi Sucahyono. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Dengan Strategi REACT Untuk SMP Bertaraf Internasional Pada Materi Pokok Unsur Senyawa Campuran dan Pemisahan Campuran. Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Prayitno M.Pd. (2) Dra.Sri Rahayu M.Ed. Kata Kunci perangkat pembelajaran strategi REACT SMP bertaraf internasional (SMP-BI) unsur senyawa campuran dan pemisahan campuran. Untuk memenuhi tuntutan SDM berdaya saing internasionla dalm bidang pendidikan pemerintah mengembangkan sekolah yang sudah memenuhi standar nasional penddikan (SNP) menjadi sekolah bertaraf internasional (SBI). Pengembangan sekolah ini dilakukan pada berabagai jenjang endidikan termasuk di Sekolah Menengah Pertama (SMP). SAlah satu mata pelajaran dalam kurikulum SMP-BI adalah kimia yang terintegrasi dengan pelajaran biologi dan fisika dalam mata pelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI terutama pada pokok bahasan unsur senyawa campuran dan pemisahan campuran. Pengembangan perangkat pembelajaran ini didasari oleh pembelajaran yang sifatnya konstruktivistik dan kontekstual. Dalam menerapkan pembelajaran kontekstual digunakan strategi REACT yang mempunyai lima tahap pembelajaran yaitu relating (mengaitkan) experiencing (mengalami) applying (menerapkan) cooperating (bekerja sama) dan transfering (memindahkan) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama merupakan Panduan Guru (Teacher s Guide) yang terdiri atas Silabus dan Sistim Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Instrumen penilaian serta Buku Guru (Teacher s Book) yang didalamnya terdapat media berupa video dan powerpoint. Bagian kedua adalah Buku Siswa (Student s Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah survei kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalan belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria pemilihan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran melakukan evaluasi formatif (validasi) melakukan revisi dan memproduksi perangkat pembelajaran. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian i ii pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 88 64% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah. Namun untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan perlu dilakukan uji lapangan. Perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual juga perlu dikembangkan untuk topik yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item View Item