Pengembangan perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI dengan menggunakan strategi react pada pokok bahasan perubahan materi, reaksi kimia dan asam basa / Ajeng Nega Reni Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI dengan menggunakan strategi react pada pokok bahasan perubahan materi, reaksi kimia dan asam basa / Ajeng Nega Reni Damayanti

Damayanti, Ajeng Nega Reni (2010) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI dengan menggunakan strategi react pada pokok bahasan perubahan materi, reaksi kimia dan asam basa / Ajeng Nega Reni Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti Ajeng Nega Reni. 2008. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia untuk SMP-BI Dengan Menggunakan Strategi REACT pada Pokok Bahasan Perubahan Materi Reaksi Kimia dan Asam-basa. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd. (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Kata kunci perangkat pembelajaran perubahan materi reaksi kimia asam basa strategi REACT. Mulai tahun 2007 pemerintah mengembangkan sekolah yang sudah memenuhi standar nasional pendidikan (SNP) menjadi sekolah yang berstandar internasional (SBI). Pengembangan sekolah ini di berbagai jenjang pendidikan termasuk di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu mata pelajaran dalam kurikulum SMP-BI adalah kimia yang tergabung dengan biologi dan fisika dalam mata pelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia untuk SMP-BI terutama dalam pokok bahasan perubahan materi reaksi kimia dan asam basa. Pengembangan perangkat pembelajaran ini didasari oleh pembelajaran yang sifatnya konstruktivistik dan kontekstual. Dalam menerapkan pembelajaran kontekstual digunakan strategi REACT yang mempunyai lima tahap pembelajaran yaitu relating (mengaitkan) experiencing (mengalami) applying (menerapkan) cooperating (bekerja sama) dan transferring (memindahkan). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Dick and Carey yang langkah-langkahnya terdiri dari mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pembelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria mengembangkan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran merancang dan melaksanakan evaluasi formatif melakukan revisi dan merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Sedangkan validasi perangkat pembelajaran dilakukan melalui validasi ahli. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui kelayakan dari perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Teknik analisis dengan menggunakan analisis perhitungan persentase. Berdasarkan hasil validasi dari ke empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 88 30% dengan kriteria valid/baik/layak. Oleh karena itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah. Namun untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan perlu dilakukan uji lapangan. Perangkat pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual juga perlu dikembangkan untuk topik yang lain dan untuk sekolah yang bertaraf internasional sebaiknya dikembangkan perangkat yang berbahasa inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21742

Actions (login required)

View Item View Item